bdadinfo.com

Sumbar Seharusnya Berkaca dengan Tetangganya, Proyek Tol Riau Ngebut-ngebutan Terus dan Memang Paling Terdepan - News

jalan tol di Sumatera Barat paling ribet di Indonesia dan berjalan seperti keong sangat lambat sekali. Malah sempat mangkrak dan dikorupsi berjamaah sepeti tol Padang Sicincin.

 - Proyek pembangunan jalan tol di Sumatera Barat paling ribet di Indonesia dan berjalan seperti keong sangat lambat sekali. Malah sempat mangkrak dan dikorupsi berjamaah sepeti tol Padang Sicincin.

Berbagai masalah jalan di Padang menjadi sebuah fenomena tersendiri dikarenakan lama dan lambat. Hal ini dikarenakan dipengaruhi berbagai masalah sangat pelik yang terjadi di lapangan.

Jalan Tol Padang Pekanbaru adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Pekanbaru.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Petani, Provinsi Lampung Bangun Bendungan Baru Senilai Rp850 Miliar

Ruasnya berada di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau melewati Lembah Anai yang merupakan deretan tebing curam yang terletak di Padang Panjang terus menyeberang jurang di Ngarai Sianok, Bukittinggi dan bersambung dengan kelok sembilan di Payakumbuh.

Tol sepanjang 255 km dengan rute Padang menuju Bukittinggi sampai ke Pekanbaru akan segera dimulai.

Dan yang luar biasa dari proyek ini adalah adanya terowongan sepanjang 8,95 km yang berada tepatnya di daerah Payakumbuh.

Baca Juga: Jaga Integritas dan Kepercayaan Publik, Kementerian ATR/BPN Tanamkan Etika Kehumasan kepada Praktisi Humas

Terowongan yang menembus Bukit Barisan tersebut adalah terowongan tol pertama di Indonesia dan menjadi terowongan terpanjang.

Tahap awal dilakukan peletakan batu pertama Padang-Sicincin, untuk membangun terowongan tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp9 triliun dari total Rp78,09 triliun pembangunan keseluruhan, jadi untuk terowongan saja sudah menghabiskan dana Rp9 Triliun.

Pada tanggal 27 Oktober 2022, Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang telah resmi beroperasi dan dibuka untuk umum serta belum dikenakan tarif karena masih dalam tahap uji coba.

Baca Juga: Berikut Adalah Data Bakal Capres dan Cawapres Terpopuler di Sosial Media Instagram, Ternyata Cukup Berimbang!

Pada tanggal 4 Januari 2023, Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang diresmikan kepada Presiden Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa terowongan dipakai untuk menghemat rute, karena jika tidak memakai terowongan akan lebih panjang 11 km. Pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi 6 tahap pengerjaan, yaitu:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat