bdadinfo.com

Tingkatkan Produktivitas Petani, Provinsi Lampung Bangun Bendungan Baru Senilai Rp850 Miliar - News

Bendungan di Lampung  ( pu.go.id)




- Kabar baik datang dari pembangunan di Provinsi Lampung bahwa wilayah tersebut akan kedatangan sebuah bendungan baru. Hal ini merupakan berita baik khususnya bagi para petani, karena berpotensi meningkatkan ketersediaan suplai air secara kontinu.

Tak hanya itu, pembangunan bendungan baru di Lampung ini juga dikatakan telah menelan biaya yang tak sedikit.

Berapa biayanya? Serta kapan rampungnya? Simak selengkapnya mengenai bendungan baru di Provinsi Lampung berikut ini.

Baca Juga: Tiga Capres Diundang ke Istana, Ini Hidangan yang Disuguhkan Jokowi

Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sempat berkunjung ke Provinsi Lampung untuk berbagai keperluan.

Pada kunjungannya tersebut, sang presiden menyebutkan bahwa proyek bendungan ini ditargetkan segera selesai sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya.

Jika rampung, maka penampungan air setinggi 22,5 meter ini diperkirakan mampu meningkatkan jumlah tampungan air serta mendukung lumbung pangan nasional di Lampung.

Bendungan yang dimaksud adalah Bendungan Maratiga yang berlokasi di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Baca Juga: Anies, Ganjar, dan Prabowo Turut Berikan Komentar Terkait Peristiwa di Gaza Palestina, Ikut Mendukung?

Fasilitas penampungan air ini termasuk dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun menggunakan biaya tak sedikit.

Pengerjaan konstruksi tanggul air tersebut digarap oleh kerja sama PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Dilansir dari pu.go.id, Bendungan Maratiga ditaksir mampu menampung air hingga 42,31 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 2.217 Ha.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa proyek ini dapat meningkatkan frekuensi tanam petani berkat adanya suplai air yang kontinu.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam," ujar sang menteri.

Ia juga menyebutkan bahwa proyek ini juga bertujuan untuk penyediaan air baku serta pengendalian banjir.

Bendungan yang digarap dengan konstruksi tipe urugan ini diproyeksi mampu mereduksi banjir hingga 83,10 meter kubik per detik pada sebagian wilayah Bandar Lampung dan Lampung Timur.

Baca Juga: Hore! Jalan Tol Cisumdawu Bandung Cirebon Akhirnya Resmi Beroperasi, Segini Tarif yang Harus Dibayar

Proyek infrastruktur ini dikerjakan dengan nilai anggaran yang fantastis, yakni mencapai Rp850 miliar.

Tanggul air ini juga memiliki sejumlah fungsi lain di antaranya konservasi air serta potensi wisata.

Proyek ini telah dimulai pengerjaan konstruksinya sejak tahun 2017 dan ditargetkan untuk rampung pada tahun 2024 mendatang.

“Untuk Bendungan Maratiga, semakin cepat selesai akan semakin baik. Saya ingin tahun depan sudah rampung, tapi memang masih ada sedikit persoalan di lapangan. Jadi tunggu kami selesaikan terlebih dahulu,” kata Presiden Joko Widodo.

Demikian informasi mengenai bendungan baru di Lampung yang menelan biaya hingga ratusan miliar.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat