bdadinfo.com

5 Kabupaten di Sumbar yang Terlibat Mendirikan Kabupaten Baru, Nomor 3 Penduduknya Sedikit Tapi Ngotot Sekali - News

Meskipun hingga saat ini masih terjadi pro dan kontra tentang pemekaran daerah diharapkan usulan calon-calon Kabupaten di Sumetara Barat ini benar-benar bisa lebih mensejahterakan penduduk setempat.

- Sumatera Barat telah memekarkan tiga kabupaten baru pada 2004 silam masih ada wacana pemekaran kabupaten baru di Sumatera Barat atau Sumbar.

Calon kabupaten-kabupaten baru itu umumnya mempunyai wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak karena itu pemerintah.

Dan masyarakat setempat menginginkan adanya pemekaran di daerahnya dalam peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 78 tahun 2007 tentang tata cara pembentukan penghapusan dan penggabungan daerah.

Baca Juga: Layak Dijadikan Contoh, Minimarket Lawson Promosikan Keberagaman untuk Karyawannya

Diterangkan Salah satu syarat pembentukan daerah otonomi untuk tingkat kabupaten ialah setelah mencapai batas minimal usia penyelenggaraan pemerintahan 7 tahun dan tentunya masih banyak persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Meskipun hingga saat ini masih terjadi pro dan kontra tentang pemekaran daerah diharapkan usulan calon-calon Kabupaten di Sumetara Barat ini benar-benar bisa lebih mensejahterakan penduduk setempat.

Inilah 5 usulan calon kabupaten baru di Sumatera Barat yang dirangkum dari kanal youtube Netizen Pasbar baru-baru sebagai berikut:

Baca Juga: Temui Pelaku Usaha di Bali, Wamendag Jerry: Kewirausahaan Memiliki Peran Penting dalam Perekonomian Nasional

1. kabupaten Agam Tuo

kabupaten Agam yang dahulunya beribukota di Bukittinggi ini juga menginginkan adanya pemekaran di wilayahnya Salah satu alasan utama pemekaran ialah letak geografis kabupaten Agam.

Yang saat ini terbagi dalam dua wilayah yaitu wilayah pesisir lokasi dari ibukota kabupaten dan Wilayah dataran tinggi yang mengelilingi kota Bukittinggi kepastian nama calon kabupaten baru ini belum sepenuhnya ditentukan.

Baca Juga: Mantap! PLN Komitmen Wujudkan Listrik IKN Ramah Lingkungan, Didukung Teknologi Pintar Berbasis AI

Dan hingga saat ini nama yang diusulkan ialah kabupaten Agam Tuo atau juga bisa kabupaten Agam timur wilayah akan bergabung dengan kabupaten Agam Tuo ialah wilayah Agam bagian timur atau yang berada di dataran tinggi.

Kecamatan-kecamatan itu ialah kecamatan Ampek angkek candung baso Kamang Magek dilatang Kamang Banu ampuh Sungai Pua sampai Koto Malalak dan Kecamatan Matua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat