bdadinfo.com

Dianggap Mustahil, Ini Dia 6 Proyek Jokowi yang Rampung Tahun 2024 - News

Dianggap Mustahil, Ini Dia 6 Proyek Jokowi yang Rampung Tahun 2024 (Instagram.com/@Jokowi)

Selama Jokowi menjadi Presiden ada banyak proyek yang telah dijalankan salah satunya adalah megaproyek Jokowi yang dirasa mustahil untuk dilaksanakan.

Tetapi, sejauh mata memandang megaproyek Jokowi ini sudah berjalan dan akan terselesaikan hingga tahun 2024.

Apa saja kah megaproyek Jokowi yang sedang berjalan saat ini? Simak info dibawah ini!.

Baca Juga: Jokowi Singgung Indonesia Butuh Kepemimpinan yang Kuat Hadapi Tantangan Global, Sebut Nama Prabowo Subianto

Dilansir dari akun youtube Info Awibisana, ia menjelaskan mega proyek Jokowi untuk masa depan Indonesia yang mustahil jika dilakukan oleh Presiden lainnya.

1. Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

Pembangunan yang mendapatkan rekor muri dengan kategori pembangunan jalan tol terpanjang di Indonesia jatuh kepada Trans Sumatera. Tol yang akan melalui perjalanan dari provinsi lampung hingga ujung dari Sumatera yaitu Aceh sudah memakan waktu hampir 2,5 tahun dan rencana akan selesai pada tahun 2024. Sejauh ini pembangunan jalan tol sudah terlaksana hingga sepanjang 653 KM yang terdiri dari 9 ruas tol. Tujuan dibuatnya tol trans Sumatera untuk meningkatkan konektivitas antar Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan, mendukung pertumbuhan ekonomi dan mengurangi biaya logistik.

2. Trans Papua

Pembangunan jalan raya Papua yang sangat monumental pada periode Reformasi karena pembangunan ini akan menghubungkan setiap Provinsi di Papua membentang dari Kota Sorong di Provinsi Papua Barat hingga Merauke di Provinsi Papua Selatan dengan total panjang 4.330,07 KM yang terbagi atas 3.259 KM di Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Papua Selatan dan 1.070,62 KM di Provinsi Barat. Tujuan dari pembangunan ini untuk menghubungkan daerah-daerah antar provinsi termasuk daerah-daerah yang terisolasi. Dilansir dari sektor.go.id hingga september 2021 sudah dibuat sepanjang 3.446 KM dengan 1733 KM telah teraspal dan 1712 belum teraspal.

Baca Juga: Terkait Proyek Jalan Tol Bagi Jokowi Provinsi Riau Seperti Anak Kandungnya, Sumatera Barat Bak Anak Tirinya

3. Smelter Singleland

Smelter ini merupakan smelter terbesar di Dunia yag berada di Gresik, Jawa Timur. PT. Freeport Indonesia membangun di luas lahan 100 hektar yang dapat mengolah 1,7 ton konsentrat tembaga menjadi 600.000 ton kadota tembaga/tahun. Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk memproduksi emas rata-rata 35 ton/tahun.

4. Kereta Api Sulawesi

Usut punya usut proyek ini merupakan proyek yang sangat sulit karena berdasarkan pada buku Netherland in This Network and Trend halaman 108 tahun 1921 mengatakan bahwa studi kelayakan jalur Perkeretaapian oleh swasta sudah dimulai sejak 1915.
Tahun 2014 pada era Jokowi resmi melakukan ground breaking dan pada tahun 2022 sudah dilakukan uji coba Kereta Api dengan sepanjang 71 KM yang memiliki lebar rel sebesar 1435 mm sehingga memiliki kecepatan maksimal 200 KM/jam berbeda dengan Kereta Api di pulau jawa yang memiliki lebar 1067 mm sehingga memiliki kecepatan maksimal sebesar 120 KM/jam. Kereta Api Sulawesi dapat menahan beban hingga 25 ton dibandingkan Kereta Api di Pulau Jawa hanya bisa menahan beban 18 ton saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat