bdadinfo.com

Ternyata Ini Tol Pertama di Indonesia! Berikut Sejarahnya yang Dibangun Pada Masa Pemerintahan Soeharto - News

Ilustrasi. Menilik jalan tol pertama di Indonesia (Freepik/wirestock)

- Jalan tol adalah sebagai jalur bebas hambatan yang dijadikan jalur alternatif untuk para pengendara roda empat atau lebih.

TOL merupakan singkatan dari bahasa asing, Tax On Location yang berarti pembayaran pajak di lokasi. Dengan kata lain pengendara dikenakan biaya jika melewati jalan tol.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengungkapkan per Maret 2023, Indonesia memiliki jalan tol dengan total panjang lebih dari 2.600 Km yang tersebar di beberapa wilayah.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Salah Satunya Berada di Pulau Sumatera

Mulai dari wilayah Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera, hingga Sulawesi. Namun dari sekian banyak tol di Pulau Indonesia, manakah jalan tol pertama di Indonesia?

Jalan tol pertama di Indonesia adalah jalan tol Jagorawi. Jagorawi merupakan akronim dari Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol ini mulai beroperasi pada tahun 1978.

Alasan dibangunnya jalan tol Jagorawi adalah untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah guna mendukung berjalannya ekonomi negara.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura dan Indrapura – Lima Puluh Akan Beroperasi Tanpa Tarif

Inisiasi pembangunan bebas hambatan sudah ada sejak Pemerintahan Presiden Soekarno. Lalu pada tahun 1955, Wali kota DKI Jakarta, Raden Sudiro mulai merancang pembangunan jalan tol.

Awal mulanya jalan bebas hambatan hanya dibangun untuk jalan Sudirman hingga Thamrin saja karena, berhubung kedua jalur tersebut merupakan jalanan penting untuk perekonomian di ibukota.

Namun karena anggaran yang belum cukup, proyek ini harus tertunda cukup lama hingga puluhan tahun.

Baca Juga: Yeay! 2 Ruas Tol JTTS Terbaru bisa Dipakai Ngacir Hari Ini, Soal Tarif Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan

Di tahun 1973, secara resmi pembangunan jalan tol pertama di Indonesia resmi dilakukan. Jalan tol ini bukan hanya di Jakarta saja, melainkan jalan yang menyambung tiga wilayah lain, yaitu Bogor dan Ciawi.

Atas pembangunan berada di tiga wilayah tersebut, proyek dan jalan di tol ini dinamakan tol Jagorawi alias Jakarta-Bogor-Ciawi. Salah satu tujuan dibangunnya jalan tol Jagorawi adalah untuk mendukung industri pariwisata di kawasan Ciawi dan Puncak.

Panjang jalan tol Jagorawi sepanjang 59 Km yang terhitung mulai dari akses masuk hingga akses keluar tol. Adapun proses pembangunannya terbagi ke dalam dua sesi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat