bdadinfo.com

Bagaimana Nasib Jalan Tol Yogyakarta – Semarang, Mangkrak atau Masih Berlanjut? - News

Bagaimana Nasib Jalan Tol Yogyakarta – Semarang, Mandeg atau Masih Berlanjut?/Pexels

– Proyek jalan tol Yogyakarta - Bawen adalah salah satu proyek strategis Jokowi yang sedang berjalan.

Proyek infrastruktur jalan tol Yogyakarta – Bawen (Semarang) terbagi dalam 6 seksi. Setelah menerima Serat Palilah dari kesultanan Yogyakarta, seksi 1 jalan tol Sleman – Banyurejo pun dimulai.

Jalan tol Sleman – Banyurejo sepanjang kurang lebih 8 kilometer ini sempat terkendala oleh cagar budaya Padukuhan Pundong 2 yang terdampak proyek jalan tol Yogyakarta. Hal tersebut kemudian ditangani oleh Dinas Kebudayaan DIY untuk melakukan relokasi cagar budaya tersebut.

Baca Juga: Pasha Bela Habis-habisnya Gibran Maju Cawapres, Warganet: Bukan dilarang, tapi..

Proyek konstruksi jalan tol seksi 1 ini dikabarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mencapai hampir 60 %.

Prioritas pekerjaan konstruksi jalan tol Yogyakarta – Bawen ini adalah seksi 1 dan seksi 6 di ruas jalan tol Ambarawa – Bawen. Seksi 6, jalan tol Ambarawa – Bawen memiliki panjang kurang lebih 6 KM.

Keduanya akan selesai pada kuartal IV yaitu Oktober – Desember 2024 dan akan mulai beroperasi lebih dulu sebelum seksi yang lain.

Baca Juga: Pasha Bela Habis-habisnya Gibran Maju Cawapres, Warganet: Bukan dilarang, tapi..

Jalan tol Yogyakarta – Bawen ini diperhitungkan akan mempersingkat waktu tempuh sampai 50% dan menjadi infrastruktur penyokong pengembangan industri dan pariwisata di wilayah selatan Jawa.

Proyek konstruksi jalan tol Yogyakarta – Magelang – Bawen atau disebut jalan tol Yogelawen ini merupakan bagian dari proyek strategis Trans Jawa yang giat digarap pada pemerintahan Jokowi.

Proyek konstruksi jalan tol Yogyakarta - Bawen ini dikelola oleh anak perusahaan Jasa Marga yaitu PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) sejak Maret 2022. Jalan tol ini memiliki panjang 75,82 kilometer dengan nilai Rp 14, 62 triliun.

Baca Juga: Dikontrak Rp471 M! Begini Pembangunan Jembatan Penghubung IKN dengan Kota Karibnya, Melintasi Sungai Wain

Ujung utara proyek jalan tol Yogyakarta - Bawen akan terhubung dengan jalan tol Semarang-Solo. Sedangkan ujung selatannya akan terhubung dengan jalan tol Joglo.

Jalan tol Yogyakarta – Bawen ini disebut sebagai proyek segitiga emas dimana infrstruktur jalan tol ini akan menghubungkan ketiga kota Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat