bdadinfo.com

Inilah Daftar 5 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Salah Satunya Berada di Pulau Sumatera - News

Suramadu, jembatan terpanjang di Indoensia (pixabay)

- Indonesia memiliki tempat yang layak untuk dikunjungi baik itu wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga dapat menikmati keindahan sambil menikmati perjalanan tersebut

Seiring berjalanya waktu, jembatan menjadi salah satu jalan penghubung yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini untuk beraktivitas, dalam kegiatan pariwisata dan ekonomi.

Jembatan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah tatanan jalan raya untuk pengendara yang ingin melintas, terutama pada lokasi yang memiliki area sungai dan jurang.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura dan Indrapura – Lima Puluh Akan Beroperasi Tanpa Tarif

Di Indonesia, pembangunan jembatan terus dikebut, bahkan pemerintah sudah mengucurkan anggaran khusus membangun infrastruktur jembatan skala kecil, menengah hingga besar di seluruh wilayah Indonesia.

Inilah 5 Jembatan yang paling terpanjang di Indonesia, dan ada juga yang berlokasi di Pulau Sumatera.

  1. Jembatan Suramadu = 5.438 Meter.

Jembatan suramadu, atau yang memiliki nama resmi dari Jalan Tol Surabaya – Madura merupakan jembatan sekaligus jalan tol yang melintasi Selat Madura, dan menghubungkan antara Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan).

Dengan panjang sekitar 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan yang paling terpanjang di Indonesia untuk saat ini, dan jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.

Ground Breaking pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003, dan dibangun serta diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009.

Baca Juga: Dapat Dukungan 3 bank internasional, PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Pembangunan jembatan tersebut, ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, yang meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura yang relatif sangat tertinggal dibandingkan kawasan lainnya di Jawa Timur.

Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah Rp4,5 Triliun, dan pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya.

Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge, sehingga jembatan ini diresmikan bersama diresmikannya Jalan Raya Bogor yang berstatus Jalan Nasional.

Jembatan ini memiliki kecantikannya yang dapat dinikmati saat melintas di Jembatan Suramadu, yaitu anda akan dibuat tercengang dan terkagum-kagum karena saat berada di tengah jembatan, bisa melihat adanya laut yang indah.

Baca Juga: Yeay! 2 Ruas Tol JTTS Terbaru bisa Dipakai Ngacir Hari Ini, Soal Tarif Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat