bdadinfo.com

Proyek Tol Lingkar Pekanbaru di Gaspol! Tol Dumai-Rantau Malah Ditendang dari Proyek Strategis Nasional - News

 Tol Trans Sumatera yaitu jalan Tol Dumai-Sigambal-Rantau yang ditendang alias di tunda. Dan yang anehnya malah proyek tol Lingkar Pekanbaru seperti kejar tayang oleh pemerintah pusat.

- Terkait pembangunan bagian dari Tol Trans Sumatera yaitu jalan Tol Dumai-Sigambal-Rantau yang ditendang alias di tunda. Dan yang anehnya malah proyek tol Lingkar Pekanbaru seperti kejar tayang oleh pemerintah pusat.

Diketahui ruas tol tersebut adalah proyek jalan tol Dumai-Sigambal-Rantau . 

Seperti pilih kasih di mana pembangunan tol trans sumatera di Provinsi Riau ada yang dikeluarkan dari daftar proyek strategis nasional (PSN).

Baca Juga: Kabupaten Baru Lampung Tenggara Siap Memisahkan Diri dari Provinsi Lampung, Apa Dianaktirikan?

Tol Dumai-Sigambal-Rantau sepanjang 175 km, bagian dari Trans Sumatera denga nilai investasi Rp 49,322 triliun untuk sementara distop dari pembangunan ntah sampai kapan.

Pemerintah RI melalui PT Hutama Karya (HK) fokus menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tahap I sepanjang 965 kilo meter (Km) termasuk diantaranya yang masuk pembangunan tahap II.

Pembangunan ruas JTTS tahap dua yang masuk prioritas pembangunan tersebut diantaranya tol lingkar Pekanbaru sepanjang 30,5 km. Ruas jalan ini termasuk dalam bagian proyek pembangunan Tol Rengat-Pekanbaru.

Baca Juga: Padahal Dulunya Bangunan ini Pernah Jadi Pura di Tengah Pasar Kulon Progo,Kini Jadi Tempat Buang Sampah?

"Kita mengikuti arahan prioritas pemerintah dan berfokus pada percepatan penyelesaian JTTS Tahap I dan II," kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris PT HK, Tjahjo Purnomo.

Selain ruas tol lingkar Pekanbaru, diantaranya ruas tol Betung–Tempino–Jambi Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino (34 km) dengan skema Dukungan Konstruksi (Dukon), dan Tol Lingkar Pekanbaru (30,5 km).

Jika diakumulasikan, jalan tol garapan PT HK yang akan terhubung mencapai sebesar lebih kurang 1.030 km.

Baca Juga: Yuk Intip! Beginilah Progres Pambangunan di Daerah Sumbu Kebangsaan IKN

Tol Dumai-Sigambal-Rantau ini nantinya di dalam perencanaanya masuk di tahap III termasuk IV yang nantinya akan dilaksanakan pembangunannya sesuai dengan kesepakatan dengan pemerintah nantinya.

Keputusan terkait sejumlah PSN tidak akan dilanjutkan ini, termasuk beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya. Seperti, Tol Rantau - Parapat - Kisaran, Tol Langsa - Lhokseumawe, Tol Lhokseumawe - Sigli.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat