bdadinfo.com

7 Daerah Penghasil Mangga Tersohor di Sumatera Barat, Bukan Padang dan Limapuluh Kota Tapi Juara Pertama Hasilkan 7.028,3 Ton - News

7 Daerah Penghasil Mangga Tersohor di Sumatera Barat di mana Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dengan ibu kota Padang.

HARIANHALUA.COM - Ada 7 daerah penghasil mangga tersohor di Sumatera Barat di mana Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dengan ibu kota Padang.

Diketahui Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, Provinsi Sumatera Barat dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Bingung Mau Melanjutkan Kemana? Inilah Rekomendasi 10 Kampus Terbaik di Lampung

Provinsi Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumbar saat ini.

Pada tahun 2023, Provinsi Sumatera Barat ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Sumbar terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Sempat Dikeluarkan dari PSN, Begini Nasib JTTS Penghubung Sumatera Utara dan Aceh: Semua hanya Omong Kosong?

Melansir dari data BPS Sumbar di mana 7 Daerah Penghasil Mangga Tersohor di Sumatera Barat sebagai berikut.

1. Kabupaten Pasaman Barat

Pasaman Barat adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumbar, Indonesia.

Baca Juga: Membandingkan Shinkansen dengan Kereta Cepat Whoosh, Mana Lebih Unggul?

Daerah ini dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Dengan ibu kota kabupaten di Simpang Ampek. Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu dari 3 (tiga) Kabupaten Pemekaran di Provinsi Sumbar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat