bdadinfo.com

Kece Abis! Bendungan Berkapasitas 41,8 Juta Meter Kubik Ini Dapat Meningkatkan Ekonomi Jawa Tengah 7 Persen - News

Illustrasi Bendungan Bodri  (pixabay.com/russmac)

- Bendungan yang terletak di Jawa Tengah dengan kapasitas 41,8 Juta meter kubik dapat meningkatkan perekonomian Jawa Tengah hingga 7 persen.

Bendungan yang diperhitungkan dapat meningkatkan perekonomian Jawa Tengah hingga 7 persen tersebut adalah Bendungan Bodri.

Bendungan Bodri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah yang direncanakan akan dibangun di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Baca Juga: Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia serta Contoh Perilaku Patuh Hukum, Kunci Jawaban PKn Kelas 11 Halaman 117 Uji Kompetensi

PSN Bendungan Bodri termasuk salah satu kegiatan rencana induk di Kawasan Kendal-Kota Semarang-Kota Salatiga-Demak-Grobogan yang tergabung dalam Kedungsepur.

Hal tersebut termuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2019 mengenai Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal- Semarang- Salatiga- Demak- Grobogan, Kawasan Purworejo- Wonosobo- Magelang- Tegal- Temanggung- dan Kawasan Brebes- Tegal- Pemalang.

Pembangunan PSN Bendungan Bodri akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga: Deretan 5 Wisata Jembatan Kaca di Indonesia yang Penuh dengan Ujian Mental dan Nyali, Berani Untuk Menyebrang?

PSN Bendungan Bodri direncanakan dibangun dengan tipe bendungan Urugan Zonal Inti Tegak dengan panjang 396,7 meter, tinggi 73,5 meter, dan lebar 12 meter.

Sementara itu, PSN Bendungan Bodri memiliki luas genangan sebesar 300 Ha dengan kapasitas hingga 41,8 Juta meter kubik.

Keberadaan PSN Bendungan Bodri ini ditujukan untuk menyuplai kebutuhan air baku di RKI Kabupaten Kendal.

Baca Juga: Diskusi Santripreneur Rekomendasikan Produk Nasional, Warung Steak and Shake sampai Le Minerale

Selain itu, PSN Bendungan Bodri juga dapat menambah pasokan air irigasi dengan tujuan untuk meningkatkan intensitas tanam Daerah Irigasi Bodri yang memiliki luas 8.665 Ha.

Oleh sebab itu, adanya rencana pembangunan PSN Bendungan Bodri ini dapat mendukung target pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah sebesar 7 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat