bdadinfo.com

11 Ruas JTTS Beroperasi Penuh Sampai Akhir Tahun 2023, Sumatera Utara Melaju Paling Kencang: Tolnya Seabrek Dimana-mana! - News

Gerbang Tol Stabat, salah satu ruas Jalan Tol Trans SUmatera yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Dok: Hutama Karya)

- Salah satu proyek besar pemerintah yakni mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus menunjukkan progresnya.

Meski telah dipastikan gagal menyambungkan Provinsi Lampung sampai Nanggroe Aceh Darussalam di tahun 2024 seperti target awal yang ditetapkan, pembangunannya masih terus didorong semaksimal mungkin.

Hingga sampai di akhir tahun 2023 ini, setidaknya terdapat 11 ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi penuh.

Baca Juga: Ampun! Bikin Malu Sumatera Barat, Jalan Tol Padang-Sicincin Jadi Proyek Mangkrak Paling Ribet Se-Indonesia Karena 13 Orang ini

Proyek jalan tol tersebut tersebar di sejumlah wilayah. Namun, proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang ruas tolnya telah beroperasi paling banyak tercatat berada di Provinsi Sumatera Utara.

Adapun hingga saat ini ruas jalan tol bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera  yang telah beroperasi secara penuh di antaranya sebagai berikut:

  1. Jalan Tol Bakauheni Terbanggi Besar 141 km 
  2. Jalan Tol Terbanggi Besar Pematang panggang Kayu Agung 189 km 
  3. Jalan Tol Palembang Indralaya 22 km
  4. Jalan Tol Indralaya Prabumulih 64 km 
  5. Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung 18 km

    Baca Juga: Waduh! Mega Proyek JTTS Disebut Tidak Berguna dan Cuma Alat Pencitraan Presiden, Begini Kata Pengamat
     
  6. Jalan Tol Pekanbaru Dumai 132 km
  7. Jalan Tol Pekanbaru Bangkinang 31 km
  8. Jalan Tol Medan Binjai 17 km 
  9. Jalan Tol Binjai Langsa seksi Binjai Stabat 12 km 
  10. Jalan Tol Binjai Langsa segmen Stabat Kuala Bingai 7,5 km
  11. Jalan Tol Sigli Banda Aceh seksi 2-6 sepanjang 50 km. 

Jumlah ini belum termasuk beberapa ruas jalan tol yang pembangunannya akan selesai di akhir tahun 2023 ini.

Baca Juga: Yeay! 2 Hari Lakukan Uji Laik Fungsi, Jalan Tol di Sumatera Utara ini Siap Tambah Daftar Panjang Tol Terbaru di Tahun 2023

Lebih lanjut, beberapa jalan tol yang akan rampung pada bulan Desember ini juga akan dibuka oleh pemerintah untuk menyambut libur Nataru.

Akan tetapi, pengoperasian jalan tol tersebut bersifat fungsional dan belum dibuka secara umum sepenuhnya.

Adapun diketahui pada ruas jalan tol yang rampung pembangunannya di akhir tahun 2023 dan akan dibuka secara fungsional itu juga beberapa diantaranya berada di Sumatera Utara.

Baca Juga: Proyek Tol Riau Sudah Beres, Sumatera Barat Kini Jadi Buruan Pemerintah: Pembangunannya Siap ‘Dihajar’ Mati-matian

Ruas jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat atau yang dikenal juga sebagai Jalan Tol Kutepat dan Jalan Tol Binjai Langsa seksi Kuala Bingai - Tanjungpura sepanjang 19 km.

Dengan demikian, hingga akhir tahun 2023 ini, Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu daerah di Pulau Sumatera yang memiliki banyak ruas jalan tol aktif dari rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat