bdadinfo.com

Tahun 2024, Beautifikasi Senilai Rp45 Miliar Jembatan Satu-satunya Menuju Pulau Samosir Dimulai - News

Beautifikasi Senilai 45 Miliar Jembatan Satu-Satunya Menuju Pulau Samosir Dimulai (sahabat.pu.go.id)

- Jembatan Aek Tano Ponggol di Kabupaten Samosir telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 8 Agustus 2023.

Jembatan penghubung antara Pulau Sumatera dan Pulau Samosir tersebut merupakan infrastruktur ikonik di kawasan Danau Toba.

Jembatan tersebut akan dipercantik dengan berbagai ornamen fungsional dan beautifikasi, rencana yang akan dimulai pada tahun 2024.

Baca Juga: Wow! 20 Tahun Jalan di Sumatera Utara Ini Hancur Parah Susahkan Masyarakat, Jokowi Datang Semua Langsung Jadi Mulus

Anggaran yang dialokasikan untuk beautifikasi tersebut senilai Rp45 miliar.

Armanton Marajon Sumanjuntak, pejabat pembuat komitmen PUPR Sumatera Utara, menyampaikan bahwa beautifikasi melibatkan pembuatan taman baru dengan penanaman pohon dan lampu penerangan.

“Rencananya tahun depan, anggarannya sekitar 45 M yang di beautifikasi nanti taman, pohon lampu dan tempat duduk untuk melihat pemandangan sekitar. Nanti semua akan kita benahi di sekitar lokasi jembatan. Rencana pengerjaan akan kita lakukan secepatnya, tapi kita lihat nanti ya,” ungkap Armanton.

Baca Juga: JK Prediksi Partai Rangking 2 dan 3 Kemungkinan Berkoalisi di Pilpres 2024: Tergantung Partai Masing-Masing

Selain beautifikasi, pelebaran alur Tano Ponggol juga telah dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera agar dapat dilewati oleh kapal pesiar yang beroperasional di Danau Toba.

Selain beuatifikasi jembatan, pelebaran alur Tano Ponggol oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, merupakan salah satu proyek yang dilaksanakan selain pembangunan jembatan.

Alur yang semula lebar 25 meter kini telah diperluas menjadi 80 meter dengan panjang 1,2 km.

Baca Juga: Ramai Isu Kerahasian Data Pertahanan dan Keamanan Pasca Debat Capres Ketiga, Ini Tanggapan Mantan Jubir KPK

Perluasan ini memungkinkan kapal pesiar untuk melewati alur tersebut.

Jembatan Aek Tano Ponggol dibangun untuk mendukung pengembangan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat