bdadinfo.com

Cuaca Ekstrem Mengancam Sumatera Barat, Hujan Lebat dan Kilat Terjadi di Sejumlah Daerah - News

Berita terkini ! Cuaca Ekstrem Mengancam Sumatera Barat, Hujan Lebat dan Kilat Terjadi di Sejumlah Daerah/Twitter Info BMKG

- Peringatan dini cuaca dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Sumatera Barat pada tanggal 19 Januari 2024, pukul 18:55 WIB.

Pada saat ini, masih terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir pada pukul 19:05 WIB di beberapa kabupaten dan kota.

Berikut ini beberapa Kabupaten dan Kota yang berpotensi hujan:

Baca Juga: Hasil Survei Poltracking Periode 1-7 Januari 2024: Belum Ada Capres yang Tembus 50 Persen

Kabupaten Pesisir Selatan, antara lain Pancung Soal, Linggo Sari Baganti, Lunang, Basa Ampek Balai Tapan, Airpura, Ranah Ampek Hulu Tapan, dan Silaut, berada dalam zona yang berpotensi mengalami hujan lebat.

Begitu juga dengan beberapa daerah di Kabupaten Sijunjung seperti Tanjung Gadang dan Kamang Baru, serta Kabupaten Padang Pariaman yang meliputi Batang Anai.

Tidak hanya itu, Kabupaten Agam juga berada dalam peringatan dini cuaca ini, dengan kawasan Tanjung Mutiara, Lubuk Basung, dan Ampek Nagari yang diimbau untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Untuk Kelas IX SMP/MTSkurikulum 2013 Halaman 21

Kabupaten Lima Puluh Kota, termasuk Guguak, Payakumbuh, Pangkalan Koto Baru, dan Akabiluru, juga masuk dalam wilayah yang perlu memperhatikan kondisi cuaca tersebut.

Peringatan dini cuaca juga mencakup Kabupaten Kepulauan Mentawai, khususnya Pagai Utara dan Sikakap, serta Kabupaten Dharmasraya dengan daerah Timpeh yang disarankan untuk tetap waspada. 

Kabupaten Pasaman Barat, terutama Kinali dan Sasak Ranah Pesisir, menjadi bagian dari wilayah yang perlu mewaspadai potensi hujan lebat.

Baca Juga: Penting untuk Keselamatan: Cara Menghilangkan Ngantuk saat Berkendara!

Kota Padang dan sekitarnya, seperti Padang Selatan, juga termasuk dalam zona peringatan dini cuaca ini.

Sementara itu, Kabupaten Sijunjung dengan daerah Sumpur Kudus, Kabupaten Tanah Datar dengan Tanjuang Baru, dan Kabupaten Padang Pariaman dengan Nan SabarisV Koto Kampung Dalam, Sungai Garingging, Sungai Limau, Iv Koto Aur Malintang, Ulakan Tapakih, dan Batang Gasan juga dimasukkan dalam kategori yang perlu mengantisipasi kondisi cuaca yang tidak menentu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat