bdadinfo.com

Gaspol! Gibran Bakal Lanjutkan Hilirisasi Sumber Daya: Kita Punya Cadangan Nikel Terbesar di Dunia - News

Gibran Rakabuming di Debat Cawapres keempat. (Tangkap layar Youtube/KPU RI)

- Calon wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan gagasannya untuk melanjutkan program hilirisasi sumber daya di Indonesia.

Tak hanya tambang, Gibran menyebut keberlanjutan program hilirisasi ini juga mencakup pertanian, maritim hingga digital.

Hal tersebut disampaikan Gibran dalam gelaran Debat Cawapres, atau debat pilpres ke-4, yang berlangsung malam ini, Minggu, 21 Januari 2024.

Baca Juga: Terungkap! Jembatan Super Megah Tanpa Tiang Pertama di Jabar Habiskan Rp72 Miliar, Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia

“Kita punya cadangan nikel terbesar di dunia. Kira punya cadangan timah terbesar kedua di dunia. Program hilirisasi ini harus dilanjutkan,” kata Gibran.

Lebih lanjut, Gibran memaparkan jika program hilirisasi yang sudah berlangsung sejak era Presiden Joko Widodo ini mencakup banyak aspek.

Yang terpenting, jelas Gibran lagi, program hilirisasi ini akan membuat Indonesia tidak lagi mengirim barang mentah yang punya nilai jual rendah.

Baca Juga: Pesisir Utara Jawa Terancam Bahaya, Giant Sea Wall Perlu Dibangun?

“Tidak hanya hilirisasi tambang, tapi juga maritim, pertanian, dan digital. Intinya kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah,” jelas Gibran.

Debat cawapres keempat sendiri berlangsung di Jakarta Convention Center dengan mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Terdapat 11 panelis yang mengawal Debat Cawapres ini, yakni Abrar Saleng, Arie Sujito, Arief Satria, Dewi Kartika, Febby Tumiwa, Hariadi Kartodihardjo, Ridwa Yahya, Rukka Sombolinggi, Sudharto P. Hadi, Sulistiyowati Irianto, dan Tubagus Furgon Sofhani.

Baca Juga: Sumbar Naik Daun! Diberi Jatah Proyek Besar dari PUPR, Salah Satunya Jembatan Layang Super Mewah yang Telan Dana Cukup Fantastis

Kesebelas panelis merupakan pakar di bidang masing-masing, bersesuaian dengan tema debat cawapres malam ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat