bdadinfo.com

Banyumas Udah Bahagia! 2024 Resmi Dibangun Jembatan Baru Senilai Rp72 M Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia, Apa Namanya? - News

Pembangunan jembatan baru di Banyumas (Freepik)

- Konstruksi pembangunan tidak hanya ada di Pulau Sumatera, melainkan juga ada di luar daerah seperti Banyumas yang baru meresmikan jembatan terpanjang.

Jembatan yang bakal jadi terpanjang di wilayah Banyumas inilah dinamakan "Jembatan Tajum Margasana" yang sebelumnya sempat terjadi longsor di oprit sisi barat dari arah Yogyakarta pada tahun 2022.

Namun, pemerintah saat itu masih terus mengusahakan agar dapat dikerjakan sesuai dengan tepat waktu tetapi sambil dilihat kondisi oprit yang terkena longsor tersebut.

Dua tahun yang lalu, pemerintah sedang merencanakan adanya pengerjaan duplikasi jembatan di sebelah kiri Jembatan Tajum Margasana dari arah Yogyakarta menuju Wangon.

Baca Juga: Mega Proyek Kota Baru Lampung dengan Biaya Pembangunan Mahal Belum Jelas Nasibnya, Begini Faktanya

Diketahui bahwa Jembatan Tajum Margasana ini merupakan masih bagian dari salah satu Jembatan Callender Hamilton (CH) yang ada di Banyumas, Jawa Tengah.

Jokowi berharap dengan jembatan baru tersebut mobilitas orang, mobilitas barang semakin terjamin kecepatan dan juga keamanannya.

"Karena kemarin ada curah hujan tinggi, terjadi longsor untuk oprit arah Wangon (dari Yogyakarta, red) sisi barat," ujar Pejabat Pembuat Komitmen 2.2 Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Wangon-Banyumas-Buntu, M Seno Saputro.

Pejabat Pembuat Komitmen 2.2 Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Wangon-Banyumas-Buntu, M Seno Saputro mengatakan bahwa terkait pembuatan jembatan permanen atau duplikasi Jembatan Margasana yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu tahun saat itu.

Baca Juga: Proses Pembangunan Masih Berlanjut, Optimis Jalan Tol Pertama di Jambi akan Menjadi Kenyataan!

Sedangkan untuk penanganan darurat pada oprit sisi barat yang terkena longsor dari bagian Jembatan masih tengah dibahas lebih lanjut pada tahun 2022 sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Sepanjang tahun 2023 hingga 2024, tiga Jembatan yang ada di Provinsi Jawa Tengah tersebut baru diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi pada Selasa 2 Januari 2024 di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah namun sebulan sebelum peresmian yang sudah difungsikan seperti Jembatan Tajum Margasana.

Ada juga kehadiran dua jembatan lain diantaranya Jembatan Jurug B Surakarta-Karanganyar di Kota Surakarta dan Jembatan Tajum Karangbawang di Kabupaten Banyumas yang disambut baik oleh warga setempat.

Adapun menurut pengakuan dari salah satu warga setempat yang sangat memberikan apresiasi terhadap kehadiran Jembatan Baru yang akan dapat meningkatkan kenyamanan dalam perjalanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat