bdadinfo.com

Begini Kronologi Ledakan Rumah Sakit Semen Padang Sumatera Barat, Polisi Sebut Bukan Bom Penyebabnya - News

Begini Kronologi Ledakan Rumah Sakit Semen Padang Sumatera Barat, Polisi Sebut Bukan Bom Penyebabnya/Padang.go.id


- Terjadi ledakan di Rumah Sakit Semen Padang (Semen Padang Hospital), Padang, Sumatera Barat pada Selasa 30 Januari 2024 sekitar pukul 15.30 WIB.

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suhayono menyebutkan ledakan berasal dari sentral pendingin udara (AC) yang sedang mengalami perawatan atau perbaikan.

"Ini bukan suatu ledakan dari bom. Tapi ini adalah malpraktik dari pekerjaan instalasi air conditioner (AC) yang kebetulan ada sedikit kekeliruan," ujar Irjen Pol Suhayono melansir dari unggahan video Instagram @infosumbar.

Baca Juga: Lengkapi Bagian Sampiran Pantun Nasihat, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 188 189 Kurikulum Merdeka

Suhayono menyebutkan, proses pengerjaan perbaikan yang menggunakan pengelasan mengakibatkan kemunculan percikan api yang kemudian mengenai sentral AC yang mengakibatkan ledakan.

Perbaikan tersebut dilakukan di lantai tujuh atau rooftop Rumah Sakit Semen Padang yang menjalar melalui saluran kabel ke lantai satu rumah sakit.

Akibatnya, terjadi ledakan pada sentral AC yang berada di lantai satu hingga menjalar ke AC- AC yang lainnya di gedung rumah sakit tersebut.

Ledakan yang terjadi pada insiden tersebut cukup besar, hingga terjadi kerusakan yang cukup parah pada sebagian gedung rumah sakit tersebut.

Baca Juga: Kelompok PKK Jorong Ujung Tombak Tercapainya Kesejahteraan Keluarga

"Sehingga sebagian dari rumah sakit mengalami kaca pecah baik di jendela maupun di pintunya," tutur Suhayono.

Pada unggahan video Instagram @infosumbar dan @pdg24jam juga terlihat adanya kerusakan pada plafon-plafon di dalam gedung rumah sakit tersebut.

Hingga adanya rilis dari pihak kepolisian, dipastikan tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut.

Sebanyak 102 pasien rawat inap dipindahkan oleh pihak Rumah Sakit Semen Padang ke rumah sakit terdekat di sekitar Kota Padang untuk mendapatkan pelayanan.

Baca Juga: Bambang Susantono Tetapkan Target Investasi Rp1 Triliun untuk Proyek Fasilitas Publik IKN pada 2024

"Kami pastikan pada saat ini tidak ada korban jiwa terkait adanya ledakan ini, kecuali yang berlalu lalang beberapa mobil ambulans ini adalah mengangkut para pasien rawat inap yang akan dievakuasi atau dipindahkan ke rumah sakit sekitar Kota Padang," sambung Suhayono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat