bdadinfo.com

Demi Penghematan, Jembatan Penghubung Riau Sumatera Bisa Dipersempit, Jadi Segini Ukurannya - News

Ilustrasi pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera bisa dipersempit untuk menghemat biaya (Freepik)

- Jembatan penghubung 2 pulau antara Pulau Sumatera dan Pulau Bengkalis Riau direncanakan bakal jadi yang terpanjang di Indonesia.

Dengan panjang 6,1 km, Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera menjadi jembatan terpanjang mengalahkan Jembatan Suramadu.

Digadang-gadang menjadi jembatan terpanjang, estimasi biaya pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera mencapai Rp7 triliun.

Baca Juga: Masalah Pembiayaan Selesai, Pembangunan Jalan Tol di Jambi Langsung Gaspol dan Masuk Tahap Pembebasan Lahan 

Namun, biaya tersebut masih dapat dipangkas dan dihemat tanpa dengan cara mempersempit lebar jembatan.

Lebar jembatan yang pada studi kelayakan awal direncanakan memiliki ukuran 30 meter dapat dipangkas menjadi hanya 10 meter saja.

Dengan penyempitan ini diperkirakan biaya pembangunan jembatan yang tadinya berkisar Rp7 triliun dapat dihemat menjadi separuh dari dana awal.

Baca Juga: Terletak di Kaki Gunung Sindoro dan Sumbing, Terminal Wonosobo Sediakan Tempat Istirahat Para Pendaki pasca Revitalisasi

Langkah penyempitan lebar jembatan diusulkan mengingat volume lalu lintas di sekitar kawasan yang tidak terlalu besar.

Usulan efisiensi konstruksi jembatan disampaikan langsung oleh Dosen Teknik Sipil Universitas Riau Muhammad Ikhsan kepada Gubernur Riau Edy Nasution.

Masukan dari Muhammad Ikhsan ini agar pembangunan proyek jembatan ini dapat berlangsung secara lebih efisien, hemat anggaran, dan lebih cepat terealisasi.

Baca Juga: Ditolak untuk Menjadi Tim Kesebelas, F1 Klaim Andretti Masih Bisa Bergabung

Sebagai informasi, studi kelayakan rencana pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera dilakukan pada Desember 2023 lalu.

Melalui studi kelayakan tersebut, jembatan direncanakan memiliki lebar 30 meter yang terdiri dari 6 lajur mobil dengan lebar masing-masing 3,5 meter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat