bdadinfo.com

50 Investor Finlandia Lirik Peluang Investasi di IKN  - News

50 Investor Finlandia Lirik Peluang Investasi di IKN  (Instagram / @shauarchitects)

Menteri Perekonomian Finlandia Wille Rydman menyatakan bahwa komitmen untuk ikut serta menyuntik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara walaupun saat ini negara-negara telah menggelar proses pemilihan umum.

Terdapat 50 perusahaan asal Finlandia yang melihat peluang investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perekonomian Finlandia, Wille Rydman ketika bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta.

Baca Juga: Revitalisasi Transportasi, Kereta Tanpa Rel ‘Made in China’ Segera Merambah IKN, Jadi Peluang Pengembangan Teknologi ART di Indonesia

Dilansir dari idx.co.id, pada 1 Februari 2024, pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka membahas potensi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan asal Finlandia dalam pembangunan IKN, khususnya dalam pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan sehingga dapat mewujudkan visi IKN sebagai smart forest city.

"Demi mewujudkan smart forest city, kami sedang mengembangkan sistem untuk mengoperasikan semua infrastruktur yang dibangun di IKN dalam satu command center sehingga pelayanan dapat terintegrasi dan optimal," ucap Menteri Basuki.

Selain itu juga, Basuki berharap Finlandia bisa mengirimkan tenaga ahli untuk ikut mengawasi proses pembangunan IKN.

Baca Juga: Jejak IK Limkos, Ikhtiar Perantau Minang untuk Kampung Halaman

"Saat ini kami sudah mempunyai kurator dan beberapa tenaga ahli yang mengawasi dan mengevaluasi terkait proses pembangunan infrastruktur di IKN. Kami berharap Finlandia juga mengirimkan setidaknya satu orang tenaga ahli," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna mengatakan peluang Finlandia berinvestasi di IKN cukup tinggi, karena kemampuannya dan kapasitasnya dalam mengembangkan perkotaan yang lebih modern dengan membawa digitalisasi pada semua ini.

Sebagai informasi, Finlandia saat ini tengah melaksanakan kontestasi pemilu. Pemungutan suara pemilu di Finlandia juga telah dilakukan pada Minggu, 28 Januari 2024.

Melansir Aljazeera, Alexander Stubb dari Partai Koalisi Nasional Finlandia keluar sebagai pemenang pada putaran pertama pemilihan presiden negara tersebut.

Kemudian, Alexander Stubb akan berhadapan dengan Pekka Haavisto dari Partai Hijau yang liberal dalam putaran kedua yang dilakukan dua minggu kedepan.

"Seluruh suara dari pemilu hari Minggu telah dihitung, Stubb memperoleh 27,2 persen, diikuti Haavisto dengan 25,8 persen dan tokoh nasionalis Jussi Halla-aho berada di urutan ketiga dengan 19 persen," tulis Al Jazeera dalam laporannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat