bdadinfo.com

9 Tahun JTTS Hadir di Pulau Sumatera Ternyata Baru Selesaikan 15 Jalan Tol saja dari Lampung-Aceh: Mega Proyek Gagal? - News

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino yang merupakan rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sekaligus penghubung Jambi dan Sumatera Selatan ini ikut dikerjakan oleh warga 2 desa untuk percepatan pembangunan. (Instagram: Kemenpupr)

- Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) saat ini terus berlangsung pembangunannya di Pulau Sumatera.

Sejumlah daerah di Pulau Sumatera di awal tahun 2024 ini masih disibukkan dengan pembangunan jalan tol rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Sebagaimana diketahui, mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini pertama kali hadir pada tahun 2015 silam saat proyek pembangunan jalan tol di Provinsi Lampung pertama kali dilakukan.

Baca Juga: Selain Stadion Teladan di Sumatera Utara, Beberapa Stadion Sepak Bola di Sumatera ini Bakal Direnovasi Sesuai FIFA: Rp1,9 Triliun Cuma Buat Perbaikan!

Jalan Tol Trans Sumatera ini kemudian ditargetkan dapat mengkoneksikan seluruh daerah mulai dari Lampung sampai Aceh melalui jalan tol di tahun 2024 ini.

Diperkirakan Jalan Tol Trans Sumatera akan menjadi salah satu rangkaian jalan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang total lintasan mencapai 2,800 kilometer.

Akan tetapi, rencana tersebut gagal terlaksana dikarenakan serangkaian hal, salah satunya adanya pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia.

Baca Juga: Kebagian Dana Rp275 Miliar, Stadion Teladan di Sumatera Utara Siap Berubah Sesuai Standar FIFA: Kapasitas Penonton Bakal Ditambah dan Rampung 2024!

Meski gagal menyambungkan seluruh daerah di Pulau Sumatera, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ini terus dimaksimalkan hinggal awal tahun 2024 ini.

Adapun hingga per bulan Februari 2024 ini, tercatat hanya ada 15 proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang telah rampung dan dioperasikan.

Berikut daftar 15 jalan tol rangkaian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi dan lokasinya tersebar mulai dari Lampung hingga Aceh. 

Baca Juga: Tidak Terduga! Deretan 5 Provinsi Termiskin di Bumi Andalas, Provinsi Sumatera Utara Masuk dalam Daftar: Bagaimana Nasib Sumbar? 

  1. Jalan Tol Bakauheni Terbanggi Besar sepanjang 141 Km.

  2. Jalan Tol Terbanggi Besar Kayu Agung sepanjang 189 Km.

  3. Jalan Tol Kayuagung Kramasan sepanjang 42,5 Km.

  4. Jalan Tol Belawan Medan Tanjung Morawa sepanjang 43 Km.

  5. Jalan Tol Medan Binjai sepanjang 17 Km.

    Baca Juga: Mantap! Pembebasan Lahan Sudah 95 Persen, Jalan Tol di Sumatera Utara ini Ditargetkan Tuntas Tahun 2024 ini

  6. Jalan Tol Medan Kualanamu - Tebing Tinggi sepanjang 62 Km.

  7. Jalan Tol Palembang Indralaya sepanjang 22 Km.

  8. Jalan Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2-6 (Seulimeum - Baitussalam) sepanjang 49 Km.

  9. Jalan Tol Pekanbaru Dumai sepanjang 131 Km.

  10. Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 31 Km.

    Baca Juga: Kominfo dan BPS Pesisir Selatan Kolaborasi Dalam Verifikasi Data PSDA 2024

  11. Jalan Tol Binjai Tanjung Pura sepanjang 39 Km.

  12. Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung sepanjang 17 Km.

  13. Jalan Tol Indralaya Prabumulih sepanjang 65 Km.

  14. Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4 Km.

  15. Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,60 Km.

***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat