bdadinfo.com

Jalanan Tol IKN Punya Revolusioner Keren! Masa Depan Ramah Lingkungan dengan Inovasi Pengisian Mobil Listrik Sambil Jalan - News

Jalanan Tol IKN Punya Revolusioner Keren! (Ilustrasi) (Pexels.com/@周-康)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membawa Indonesia ke era modern dengan infrastruktur inovatif di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca Juga: Ratusan Warga Mendadak Jadi Miliader di Garut, Ada 8 Delapan Desa yang Sudah Terima Uang Ganti Rugi Korban Penggusuran Proyek Jalan Tol Getaci

Salah satu terobosan menarik yang dikembangkan adalah jalanan yang mampu mengisi daya mobil listrik sambil bergerak.

Dalam upaya mendukung mobilitas ramah lingkungan, Kementerian PUPR melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN mengumumkan rencana untuk membekali jalan tol di IKN dengan teknologi pengisian daya baterai mobil listrik.

Baca Juga: Sekilas Info Jalan Tol dan Jembatan Menuju IKN hingga Seksi 1 Rampung Juli 2024, Kemajuan Signifikan dengan Anggaran Rp306 Miliar

Inovasi ini mencakup penggunaan aspal khusus yang memungkinkan pengisian daya mobil listrik sambil berada di perjalanan.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, menjelaskan bahwa teknologi ini sudah diujicoba di beberapa negara Eropa.

Meskipun masih berupa konsep, rencana implementasinya telah dimulai secara bertahap.

Baca Juga: Transformasi Menuju Ibu Kota Nusantara! Kalimantan Timur Siap Bangun Bandara Baru Senilai Rp4,3 Triliun

"Penerapan teknologi jalan yang dapat mengisi ulang daya mobil listrik di tol IKN tersebut masih berupa konsep dan penerapannya dilakukan secara bertahap," ungkap Danis Sumadilaga.

Teknologi ini memungkinkan pengguna mobil listrik untuk menambah daya baterai tanpa perlu berhenti di stasiun pengisian daya.

Lapisan tertentu di jalan tol akan memfasilitasi transfer energi ke kendaraan listrik saat dalam perjalanan.

Baca Juga: Section 6 What Should I Do With These Books, Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 8 Halaman 160 Kurikulum Merdeka

"Pada awalnya, kita akan mencoba teknologi ini di satu segmen tol. Setelah dilakukan pengaspalan, akan ada pemasangan lapisan khusus di jalan tol," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat