bdadinfo.com

Hoax Kandungan Bromat Le Minerale Tinggi, Ternyata Aqua Lebih Tinggi? - News

Botol air minum Le Minerale. (dok. Ist)

- Seorang influebcer bernama Gerard Vincent dalam postingan akun Instagram dan TikToknya menyebut jika merk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale tinggi kandungan bromat.

Meski begitu, ternyata kandungan tinggi bromat dalam Le Minerale itu nyatanya hoax. Hal tersebut juga telah dibantah oleh beberapa pihak.

Badan Besar Industri Agro (BBIA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah mengeluarkan hasil analisis kadar bromat terbaru untuk produk AMDK Le MInerale.

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin Sudah Hampir Selesai, Sumatera Barat Siap Bebaskan Macet: Dulu Berjam-jam Sekarang Jadi Cuma 30 Menit!

Hasilnya, kadar bromat dalam produk Le Minerale angkanya 0,4 parts per billion (ppb) atau 0,0004 miligram per liter.

Hasil ini juga diunggah Le Minerale dalam kaun Instagram mereka @le_mineraleid. Pihak Le Minerale sendiri melakukan uji kadar bromat secara rutin dan berkala setiap enam bulan sekali.

Angka itu konsisten jauh di bawah ambang batas aman 10 parts per billion (ppb) atau 0,01 miligram per liter yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Buktikan Tajinya, Jembatan Sepanjang 1,3 Km yang Dananya Nyaris Rp1 Triliun di Sulawesi ini Jadi Andalan Baru: Bikin Perjalanan Nggak sampai 5 Menit!

Selain itu, BBIA Kemenperin juga mengeluarkan beberapa hasil analisis kadar Bromat pada produk AMDK lain, di antaranya Aqua dan Cleo.

Merek air minum Aqua yang diproduksi Danone ternyata memiliki kandungan bromat dua kali lebih besar dari Le Minerale, yakni 0,8 ppb.

Sementara itu, merek AMDK Cleo punya kandungan bromate yang sama dengan Le Minerale, merek AMDK yang diproduksi PT Tirta Fresindo Jaya.

Baca Juga: Ajaib! Jembatan Megah di Sulawesi Tenggara ini Sanggup Pangkas Perjalanan yang dulu 30 Menit jadi Cuma 3 Menit: Cepatnya Hampir Tidak Masuk Akal 

Marketing Director PT Tirta Fresindo Jaya, Febri Satria Hutama menjelaskan, pihaknya selaku produsen Le Minerale menyampaikan, isu tersebut memang isapan jempol belaka.

“Semua produk kami terjamin aman, diproduksi mengikuti standar tertinggi industri air kemasan serta memenuhi seluruh persyaratan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," kata Febri dalam siaran pers.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat