bdadinfo.com

Dikebut Mati-matian Takut Disemprot Gibran! Ruas Jalan Tol Solo Yogyakarta Terus Mengular Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran Tahun 2024 - News

Pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo di wilayah Jawa Tengah, saat ini sedang berlangsung. Tol yang melintas tiga daerah Jateng yaitu Karanganyar, Boyolali, dan Klaten ini, siap menjadi akses yang mengembangkan ekonomi masyarakat setempat.

- Jalan Tol Solo Yogyakarta-YIA Kulonprogo atau Jalan Tol Joglo adalah jalan tol yang menghubungkan satu provinsi dan satu daerah istimewa, yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalan tol Solo Yogyakarta merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa pada segmen jalur tengah menghubungkan Jakarta dengan Surabaya melalui Banyumas dan jalur selatan menghubungkan Kota Bandung dengan Surabaya.

Jalan tol Solo Yogyakarta ini telah dimulai pembangunannya pada tahun 2020 dari arah Solo. Tol ini dibangun melayang (elevated) di sepanjang Ring Road Utara Yogyakarta (kecuali di simpang Jalan Monumen Jogja Kembali.

Baca Juga: Disingkirkan Ferrari demi Lewis Hamilton, Carlos Sainz Merasa Sakit Hati?

Palagan Tentara Pelajar yang akan dibuat on grade), kemudian berlanjut sepanjang Selokan Mataram hingga sampai ke simpang susun di daerah Maguwoharjo.

Jalan tol Solo Yogyakarta ini akan dilanjutkan sampai ke Bandara YIA Kulon Progo yang membentang dari Simpang Susun Sleman sejauh 30,77 km. Tol ini diharapakan akan memudahkan akses dari Bandara YIA Kulon Progo menuju Yogyakarta.

Guna mendukung program Pemerintah dalam penyediaan infrastruktur jalan tol di wilayah selatan Pulau Jawa maka dibentuklah PT Jasa Marga Jogjasolo (PT JMJ).

Baca Juga: Pemko Pariaman Salurkan Beras dari Bapanas untuk 5.686 KPM

Yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) konsorsium dari empat perusahaan: PT Daya Mulia Turangga (DMT), PT Gama Group, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI).

PT Jasamarga Jogja Solo telah memenangkan tender investasi pengusahaan, dan menandatangani kontrak perjanjian pengusahaan jalan tol untuk ruas Solo -Yogyakarta - YIA Kulon Progo, dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada tanggal 9 September 2020.

Jalan tol ruas Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo sendiri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Perpres Nomor 3 Tahun 2016, Perpres Nomor 56 Tahun 2018 dan perubahan terakhir Perpres Nomor 109 Tahun 2020.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 187 188 Subtema 4 Pembelajaran 5: Luas Bagian Tanam Udin dalam Persegi Satuan

Terwujudnya Jalan tol ruas Solo Yogyakarta - YIA Kulon Progo ini dianggap istimewa karena menghubungkan dua kota budaya yaitu Surakarta dan Yogyakarta.

Selain itu proyek ini menjadi perhatian tinggi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah karena dianggap sangat strategis sebagai salah satu solusi efisiensi mobilitas dan distribusi di wilayah selatan Pulau Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat