bdadinfo.com

Nggak Main-main! Tol ini Punya 3 Terowongan Menembus Perut Bumi Sekaligus, Habiskan Anggaran Sampai Rp14,26 Triliun - News

Tol Jogja Bawen akan miliki 3 terowongan sekaligus yang menghabiskan anggaran Rp14,26 triliun (pexels.com)

Pembangunan infrastruktur jalan tol yang menggunakan terowongan sebelumnya sudah pernah dilakukan pada pembangunan jalan tol di Jawa Barat dan Sumatera.

Yaitu Jalan Tol Cisumdawu di Jawa Barat yang memiliki dua terowongan kembar sekaligus dan Jalan Tol Trans Sumatera Tol Padang - Pekanbaru.

Kali ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun jalan tol yang dilengkapi tiga terowongan sekaligus.

Baca Juga: Bim Salabim! Daerah Seluas 2.560 km2 dengan Keindahan Lanskap Berbukit, Hutan dan Teluk Disulap Menjadi Ibu Kota Negera Super Megah Seantero Nusantara

Proyek jalan tol dengan tiga terowongan tersebut akan dibangun pada Jalan Tol Joga - Bawen pada seksi lima.

Tepatnya, terowongan tersebut nanti akan berada pada ruas tol Temanggung - Ambarawa yang memiliki panjang 22,56 km.

Terowongan pada Tol Jogja - Bawen yang dibangun oleh PT Jasa Marga ini akan memiliki panjang mencapai 500 m.

Baca Juga: Tangan Dingin Andre Rosiade Antarkan Semen Padang FC ke Liga 1

Pembangunan jalan tol dengan tiga terowongan ini akan menghabiskan anggaran mencapai Rp14,26 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Berbeda dengan terowongan pada umumnya, tiga terowongan pada jalan tol ini tidak dibangun di bawah tanah melainkan akan dibuat menembus bukit.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebutkan pembangunan terowongan yang menembus perut bumi ini dilakukan atas perintahnya.

Baca Juga: Demi Penuhi Dana Pembangunan Jembatan Senilai Rp1,4 Triliun, Pemprov Kalbar Siap Ambil Jalan Utang hingga Jual Aset ?

"Antara Ambarawa dan Temanggung itu ada potensi lokasi tunnel dan itu menjadi perintah saya, karena saya tidak ingin merusak objek wisata Banaran," ujar Basuki.

Bahkan, Basuki menambahkan keberadaan terowongan ini akan membuat orang merasa berada di daerah wisata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat