bdadinfo.com

Awas Bingung! Terapkan Dua Sistem Berbeda, Begini Pembayaran saat Melintas di 2 Jalan Tol Baru di Sumatera Utara ini: Berlaku Mulai Hari ini - News

Ilustrasi dua jalan tol baru di Sumatera Utara yang akan menerapkan dua sistem berbeda. Kenali perbedaannya dan waktu diberlakukannya. (Instagram: pupr_bpjt)

- Salah satu jalan tol baru di Provinsi Sumatera Utara mulai memberlakukan biaya tarif melintas.

Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Indrapura Lima Puluh yang pada hari ini Kamis, 29 Februari 2024 mulai memberlakukan biaya tarif melintas dan berlaku sejak pukul 12.00 siang WIB. 

Keputusan penetapan tarif melintas pada Jalan Tol Indrapura Lima Puluh ini merupakan langkah lanjutan usai tol baru Sumatera Utara ini mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari pemerintah.

Baca Juga: Resmi! Usai SK dari Menteri PUPR Keluar, Mulai Hari ini Jalan Tol Baru di Sumatera Utara Sepanjang 15 Km ini Bertarif

Pemberlakukan tarif ini menyusul diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Nomor 251/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024.

pihak pengelola Jalan Tol Indrapura Lima Puluh, Hutama Karya telah melakukan sosialisasi selama satu minggu sebelum menetapkan kebijakan biaya tarif melintas jalan tol.

Meski demikian, terdapat hal yang patut diperhatikan oleh masyarakat maupun pengendara yang hendak melintas di Jalan Tol Indrapura Lima Puluh dan ingin melanjutkan perjalanan ke Jalan Tol Tebing Tinggi Indrapura.

Baca Juga: Kawasan Candi Muaro Jambi Siap Dibanjiri Wisatawan, Tol Baru  Siap Hadir di Pertengahan Tahun 2024: Rezeki Nomplok Warga Setempat!

Pihak pengelola jalan tol diketahui menerapkan dua sistem berbeda pada dua seksi jalan tol baru di Sumatera Utara ini.

Saat ini Hutama Karya menerapkan sistem transaksi terbuka dimana nantinya seluruh transaksi di Gerbang Tol (GT) Lima Puluh ke arah Junction Indrapura maupun sebaliknya.

Pembayaran biaya tarif melintas Jalan Tol Indrapura Lima Puluh ini hanya dikenakan pada Gerbang Tol Lima Puluh. 

Baca Juga: Selamat Tinggal Jalan Nasional Palembang-Jambi yang Macet, Jalan Tol Baru Rampung Bulan Juni 2024: Dulu Berjam-jam Sekarang Sekejap Sudah sampai!

Namun, nantinya setelah Jalan Tol Tebing Tinggi Indrapura telah ditetapkan tarif, sistem transaksinya akan menggunakan sistem transaksi tertutup atau terintegrasi. 

Pihak pengelola jalan tol juga mengimbau bagi pengguna jalan yang ingin melintas untuk memastikan terlebih dahulu kecukupan saldo uang elektronik untuk menghindari kemacetan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat