bdadinfo.com

Demi Penuhi Dana Pembangunan Jembatan Senilai Rp1,4 Triliun, Pemprov Kalbar Siap Ambil Jalan Utang hingga Jual Aset ? - News

Kalimantan Barat bersiap ambil langkah utang hingga jual aset untuk memenuhi pembangunan jembatan senilai Rp1,4 triliun (freepik)

- Sebuah mega proyek pembangunan jembatan sempat mengudara pada tahun 2020 lalu akan segera dibangun di wilayah Kalimantan Barat.

Proyek jembatan yang diberi nama Jembatan Kapuas III ini termasuk dalam 3 proyek strategis nasional yang direncanakan dibangun di Kalimantan Barat.

Rencana pembangunan Jembatan Kapuas III ini tentunya membutuhkan biaya selangit untuk merealisasikannya.

Baca Juga: Bikin Geger! Kalimantan Barat Berencana Bangun Jembatan Baru Senilai Rp1,4 Triliun, Darimana Dananya?

Diprediksi pembangunan Jembatan Kapuas III ini bakal menghabiskan anggaran APBN mencapai Rp1,4 triliun.

Tak hanya itu, untuk penyediaan lahan pembangunan Jembatan Kapuas III, Pemprov Kalbar juga harus siap dengan dana senilai kurang lebih Rp200 miliar.

Demi memenuhi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah menyiapkan 3 alternatif sumber dana yang akan dialokasikan untuk penyediaan lahan.

Baca Juga: Sejak Pakai Listrik PLN 555 kVA, Pabrik Jagung di Kinali Pasaman Barat Mampu Produksi 50 Ton Per Hari

Diantara 3 alternatif tersebut rupanya Pemprov Kalbar memilih jalan utang atau pinjaman, melakukan penghematan belanja daerah, dan penjualan aset daerah yang idle.

Jika memilih alternatif pertama yaitu pinjaman, Pemprov Kalbar setidaknya harus memenuhi kriteria yang disebutkan dalam PP 107 tahun 2000 tentang Pinjaman Daerah.

Selain itu, upaya ini juga perlu persetujuan dari DPRD dan/atau Menteri Keuangan.

Baca Juga: Mantap! Jalur Tol Solo Jogja Segera Dibuka Fungsional untuk Mudik Lebaran 2024

Disamping itu, pinjaman atau utang ini juga akan menimbulkan beban bunga bagi pemerintah daerah.

Pada alternatif kedua yaitu melakukan penghematan belanja daerah diakui telah dilakukan oleh Pemprov Kalbar, terutama pada Belanja Perjalanan Dinas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat