bdadinfo.com

5 Jembatan Terpanjang di Pulau Sumatera, Nomor Satu Membentang Lebih dari 2 Kilometer: Jadi Salah Satu Paling panjang di Indonesia! - News

Ilustrasi jembatan terpanjang di Pulau Sumaera yang juga merupakan salah satujematan terpang yang ada di Indonesia. (Good News From Indonesia)

- Pulau Sumatera dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki bentang alam luar biasa.

Mulai dari sungai, danau, hutan lebat dan masih banyak lainnya hadir di Pulau Sumatera yang luar biasa ini.

Demi keberlangsungan dan kemudahan masyarakat pun berbagai proyek pembangunan infrastruktur dibangun di Pulau Sumatera, salah satunya adalah jembatan.

Baca Juga: Progres Terbaru Seluruh Proyek JTTS! Tol Riau-Sumbar Paling Mendekati Akhir, Sumatera Utara Paling Banyak yang Jalan: Target Rampung Tahun 2024 ini 

Pulau Sumatera memiliki beberapa buah jembatan yang dibangun spektakuler, pembangunannya dibuat memiliki panjang yang luar biasa.

Berikut 5 (lima) jembatan terpanjang di Pulau Sumatera dimana salah satunya merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.  

  1. Jembatan Ampera Palembang 

Jembatan Ampera yang didirikan sejak tahun 1965 ini merupakan jembatan penghubung kawasan Seberang Ulu dan seberang Ilir yang dipisahkan oleh sungai Musi.

Baca Juga: Dulu Medan-Kisaran Butuh Berjam-jam, Lewat Tol Terbaru Sumatera Utara Ini Mudik Lebaran Jadi Tinggal Beberapa Menit: Sekejap sampai Tujuan!

Jembatan Ampera ini memiliki panjang sekitar 1,117 m dan lebar 22 m serta tinggi 11 m dari atas permukaan air dengan tinggi menara mencapai 63 m dari permukaan tanah.

Jarak antara menara satu dan menara lainnya sekitar 75 m pada awalnya bagian tengah dan bagian belakang dan bagian depan badan jembatan bisa diangkat ke atas dan diturunkan untuk tempat lewat kapal.

Bagian jembatan bisa bergerak dengan menggunakan dua bandul pemberat dengan berat masing-masing mencapai 500 ton yang terdapat di dua menaranya. 

Baca Juga: Ngebut! Dulu Dua Daerah di Sumatera Utara ini Berjarak Lebih dari 5 Jam, Lewat Tol Terbaru Sumut ini 2,5 Jam Sudah sampai Lokasi

Kecepatan pengangkatannya sekitar 10 m/menit dengan total waktu yang diperlukan untuk mengangkat penuh jembatan selama 30 menit. 

Bandul pemberat yang ada ini dianggap berbahaya, maka pada tahun 1990 bandul tersebut dibongkar. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat