bdadinfo.com

Dibangun Megah! Jalan Tol Baru Penghubung Sumatera Selatan dan Jambi ini Bakal Punya Jembatan Layang dan Simpang Susun: Rampung Tahun 2024 ini - News

Ilustrasi jaln tol terbaru Sumatera Utara yang baru saja melakukan Uji Laik Fungsi (ULF). Tol ini diharapkan dapar beroperasi pada bulan Ramadhan 2024. (Instagram: pupr_bpjt)

- Kelanjutan pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus berlanjut hingga awal tahun 2024 ini.

Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah pembangunan jalan tol penghubung Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi.

Adapun Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi ke depannya akan dikoneksikan oleh Jalan Tol Bayung Lencir Tempino.

Baca Juga: Selamat Tinggal Jalan Nasional Palembang-Jambi yang Macet, Jalan Tol Baru Rampung Bulan Juni 2024: Dulu Berjam-jam Sekarang Sekejap Sudah sampai!

Jalan Tol Bayung Lencir Tempino ini saat ini tengah dikerjakan oleh beberapa pihak pengembang jalan tol.

Jalan Tol Bayung Lencir Tempino ini dibangun melalui skema Kerja Sama Operasi (KSO) antara PT Hutama Karya bersama PT Wijaya Karya dan PT Brantas Abipraya (KSO HK-Wika-BAP) 

Nilai kontrak pada proyek infrastruktur Jalan Tol Bayung Lencir Tempino ini mencapai Rp2,76 Triliun. 

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Penghubung Sumatera Selatan dan Jambi Capai 54 Persen, Juni 2024 Sudah Bisa Dilewati Kendaraan: Perjalanan Antar Provinsi Makin Cepat

Proyek Jalan Tol Bayung Lencir Tempino ini memiliki panjang jalan utama 15,4 km dan jalan akses sepanjang 1,8 km.

Jalan Tol Bayung Lencir Tempino ini juga akan menjadi salah satu jalan tol megah karena akan memiliki jembatan layang dan simpang susun.

Proyek Jalan Tol Bayung Lencir Tempino ini melibatkan serangkaian pekerjaan diantaranya rigid pavement main road, struktur main road elevated menggunakan slab on pile.

Baca Juga: 9 Ruas Jalan Tol Bagian dari Mega Proyek JTTS Ditargetkan Beroperasi di bulan Juni 2024: Tol Sumatera Barat Jadi Salah Satunya? 

Lebih lanjut, terdapat struktur jembatan overpass atau jembatan layang, jembatan underpass, jembatan underpass di simpang susun (interchange) serta akses jalan tol. 

Saat ini Jalan Tol Bayung Lencir Tempino menyisakan pekerjaan rigid sepanjang 7.132 km, struktur main road elevate menggunakan slab on pile yang sudah berjalan 30 persen dari total 4 km. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat