bdadinfo.com

Konstruksi Tol Baru di Jawa Tak Kalah Progresif dari Sumatera, Dua Ruas Tol Yogyakarta-Solo Ini Ditargetkan Tuntas Tahun 2024 - News

Dua Ruas Tol Yogyakarta-Solo Ini Ditargetkan Tuntas Tahun 2024 (pu.go.id)

– Konstruksi tol di Jawa tidak kalah ngebut dari jalan tol Trans Sumatera (JTTS).

Kementerian PUPR saat ini terus meninjau progres dari pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo yang ditargetkan tuntas dalam waktu dekat.

Untuk dua ruasnya, yakni ruas Kartasura-Klaten dan ruas Klaten-Purwomartani bahkan pembangunannya sangat progresif sehingga ditargetkan bakal rampung pada tahun 2024 ini.

Baca Juga: Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartasura-Klaten Tuntas Juli 2024, Salah Satu Ruas Ditargetkan Siap Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024 

Ruas Kartasura-Klaten sudah dapat digunakan secara fungsional sepanjang 22,3 km.

Sementara itu untuk ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km rencananya siap fungsional untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.

Dengan demikian untuk penyelesaian konstruksinya secara keseluruhan, ruas Kartasura-Klaten bakal selesai di bulan Juli mendatang.

Baca Juga: Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Kena Penyesuaian Tarif dalam Waktu Dekat, Nasib Tol Pekanbaru-Bangkinang Ikut Naik?

Kemudian untuk total 20 km dari panjang lintasan ruas Klaten-Purwomartani ditargetkan tuntas pada akhir tahun antara bulan September hingga Desember 2024.

Dikebutnya pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo karena jalan tol tersebut dinilai akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah.

Jalan Tol Yogyakarta-Solo juga akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang-Solo.

Baca Juga: Dikabarkan Naik pada 4 Maret, Tarif Tol Pekanbaru-Dumai Hari Ini Masih Harga Lama: Segini Bocoran Tarif yang Baru

Dengan terhubungnya ketiga jalan tol tersebut maka akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan  Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Jalan tol dari Kartasura arah ke Yogyakarta ini juga nantinya akan menjadi bagian dari sistem jaringan tol Trans Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat