bdadinfo.com

Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartasura-Klaten Tuntas Juli 2024, Salah Satu Ruas Ditargetkan Siap Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024  - News

Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartasura-Klaten Tuntas Juli 2024, Salah Satu Ruas Ditargetkan Siap Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024  (bpjt.pu.go.id)

– Progres pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo terus ditinjau oleh Kementerian PUPR.

Jalan tol ini memiliki total panjang 96,57 km yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini konstruksinya terus berjalan dan memberikan peningkatan progres.

Meski belum selesai penuh, untuk ruas Kartasura-Klaten ditargetkan bisa tuntas pada Juli 2024 dan ruas lainnya juga rencananya sudah siap fungsional saat momen mudik Lebaran 2024 mendatang.

Baca Juga: Tol Yogyakarta-Bawen Bakal Nyambung ke Tol Semarang-Solo Lewat Seksi Ini, Sudah Sejauh Mana Progres Konstruksi pada Seksi Tersebut?

Pembangunan jalan tol Jogja-Solo ini juga akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi DIY dengan Jawa Tengah.

Hingga saat ini untuk Seksi 1 ruas Kartasura-Purwomartani sepanjang 42,38 Km terbagi menjadi Paket 1 Solo-Klaten sepanjang 22,30 km dengan progres konstruksi telah mencapai 53,94 persen pada akhir tahun 2023 lalu.

Kemudian untuk Paket 2 Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 km dengan progres konstruksi telah mencapai 4,57 persen yang diharapkan kedua paket pekerjaan tersebut dapat selesai pada kuartal ke-3 tahun 2024.

Baca Juga: PUPR Targetkan Ruas Banyurejo-Sleman Rampung Awal 2025, Bagaimana dengan Progres Ruas Tol Yogyakarta-Bawen Lainnya? 

Dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, sepanjang 22,3 km ruas Kartasura-Klaten sudah dapat digunakan secara fungsional.

Sementara itu, untuk ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan siap untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024 mendatang.

Secara keseluruhan, ruas  Kartosuro-Klaten sepanjang 22,3 km tuntas di Juli 2024 dan untuk ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km ditargetkan tuntas di akhir September 2024.

Baca Juga: Dikejar Target Tuntas, Konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen Digarap Ngebut Tahun Ini: Ruas Mana yang Bakal Kelar di 2025?

Nantinya, jalan tol Yogyakarta-Solo akan terhubung dengan jalan tol Yogyakarta-Bawen dan dengan jalan tol Semarang-Solo.

Dengan begitu maka akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat