bdadinfo.com

Tol Padang-Sicincin Tuntas Juli 2024, Keberlanjutan Pembangunan Jalan Tol di Sumbar Langsung Dilanjut Tol Sicincin-Bukittinggi?  - News

Tol Padang-Sicincin Tuntas Juli 2024, Keberlanjutan Pembangunan Jalan Tol di Sumbar Langsung Dilanjut Tol Sicincin-Bukittinggi? (bpjt.pu.go.id)

– Apabila jalan tol Padang-Pekanbaru Seksi 1 Padang-Sicincin selesai, apakah pembangunan jalan tol di Sumatera Barat (Sumbar) akan langsung dilanjutkan dengan masuk ke Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi?

Untuk diketahui, tol Padang-Sicincin ditargetkan tuntas pada Juli 2024 mendatang dengan progres pengerjaan saat ini sebesar 51,93 persen.

Kemudian untuk progres pengadaan lahannya juga sudah hampir rampung yakni mencapai 93,87 persen.

Baca Juga: Jalan Tol di Sumatera Selatan dan Riau Kena Penyesuaian Tarif! Berlaku Hari Ini, Senin, 18 Maret 2024: Cek Besaran Tarifnya di Sini

Dengan terselesaikannya jalan tol tersebut maka diharapkan kelancaran jalur logistik dan pariwisata di wilayah Sumbar akan semakin baik.

Di sisi lain, progres pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi V Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) juga sudah signifikan.

Tercatat untuk progres konstruksinya sudah mencapai 98,85 persen dan untuk pengadaan lahannya sudah sebesar 99,48 persen.

Baca Juga: Selain Tol Padang-Sicincin di Sumbar, 5 Ruas JTTS Ini Harus Kejar Target Tuntaskan Konstruksinya di Tahun 2024: Segini Persentase Progresnya 

Dikutip dari laman sumbarprov.go.id, pada akhir Januari 2024 lalu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dikabarkan melakukan kunjungan kerja ke Jakarta.

Bersama dengan jajaran lainnya pertemuan tersebut dilakukan dengan sejumlah pembahasan terkait mega proyek yang saat ini tengah menjadi fokus Sumbar.

Beberapa proyek yang dimaksud di antaranya adalah Flyover Sitinjau Lauik, penataan Kelok 9, usulan inpres jalan daerah dapat kembali masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), dan keberlanjutan tol Sicincin-Bukittinggi.

Baca Juga: Adu Cepat Proyek Tol Sumbar dan Jambi! Mana yang Rampung Dulu: Tol Padang-Sicincin vs Tol Bayung Lencir-Tempino di 2024?

Mengingat Sumbar masih kalah jauh jika dibandingkan dengan provinsi tetangga seperti Riau yang telah berhasil menyelesaikan sejumlah ruas jalan tol di wilayahnya.

Sumbar sendiri baru akan memiliki jalan tol pertama di wilayahnya apabila tol Padang-Sicincin sudah rampung dan beroperasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat