bdadinfo.com

Sumatera Barat Punya Desa Wisata Bersejarah Sekaligus Instagrnic! Ini Dia Nagari Situs Purbakala Berusia 6000 Tahun - News

Sumatera Barat Punya Desa Wisata Bersejarah Sekaligus Instagrnic (Pixabay.com/@pen_ash)

- Sumatera Barat, terkenal dengan panorama alamnya yang memikat, selalu berhasil menawan mata para pelancong, membuat mereka ingin kembali berkunjung ke provinsi ini.

Namun, di balik panorama alam yang menggoda, Sumatera Barat juga memiliki sebuah desa dengan situs arkeologi kuno yang selalu menarik perhatian wisatawan.

Baca Juga: Memahami Pengertian Tentang IISMA, Bagaimana Cara Mendaftar Bagi Calon Mahasiswa yang Ingin Belajar di Luar Negeri

Desa ini, dengan situs arkeologinya, memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya begitu menarik sambil menyimpan wawasan sejarah yang berharga.

Tak disangka, desa ini tidak jauh dari pusat Sumatera Barat, dikenal sebagai desa atau Nagari 1000 Menhir.

Nagari 1000 Menhir menjadi salah satu objek wisata bersejarah yang terletak di Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Baca Juga: Kalimantan Selatan Makin Gemerlap! Siap Banggakan Stadion Sebanding FIFA, Jadi yang Termegah ke-2 di Indonesia

Desa wisata ini sering masuk dalam daftar rencana perjalanan bagi mereka yang ingin menjelajahi Sumatera Barat sambil memahami sejarahnya.

Sesuai dengan namanya, apa yang membuat Nagari 1000 Menhir unik adalah banyaknya artefak arkeologi yang ditemukan di sini.

Sejauh mata memandang, terdapat sisa-sisa menhir yang tersebar luas di seluruh tanah desa. Menhir-menhir ini telah diatur dan ditanam sejak zaman kuno.

Baca Juga: Istri Denny Sumargo Hamil! Akui Sempat 3 Kali Keguguran, Olivia Allan bagikan Tips untuk Pejuang Garis Dua

Menhir-menhir ini diperkirakan berusia sekitar 2.000-6.000 tahun. Semua menhir ini berorientasi ke arah satu tujuan, menghadap Gunung Sago.

Keberadaan menhir-menhir ini menandakan situs pemakaman, tanda penghormatan, dan simbol kepercayaan.

Dengan pemandangan yang menakjubkan dan sangat tidak biasa ini, Nagari 1000 Menhir telah menjadi tempat favorit untuk wisata yang cocok diunggah ke Instagram, menarik para wisatawan yang gemar mengabadikan momen berkesan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat