bdadinfo.com

5 Kota di Pulau Sumatera ini Menjelma Jadi Kawasan Metropolitan Baru Termaju: Sumatera Barat Masuk Daftar Saja Tidak! - News

Ilustrasi kota di Pulau Sumatera yang berubah menjadi kawasan metropolitan baru. Provinsi Sumatera Barat tidak termasuk. (Dok: Gramedia)

 

- Pertumbuhan ekonomi suatu daerah dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek. Serangkaian pembangunan infrastruktur pun dihadirkan guna mendukung hal tersebut.

Salah satunya terjadi di Pulau Sumatera yang juga merupakan pulau kedua setelah Pulau Jawa yang penduduknya paling banyak di Indonesia.

Sederet pembangunan infrastruktur dikerjakan secara masif dan merata di Pulau Sumatera. Hal ini membuat beberapa kota berubah menjadi sebuah kawasan metropolitan baru.

Baca Juga: Ide ‘Gila’ Mantan Gubernur Gorontalo untuk Membelah Pulau Sulawesi Menjadi 2 Bagian ini Kembali Digaungkan: Sulteng Siap Eksekusi Proyeknya di 2024?

Berikut lima kota termaju dan terbesar di Pulau Sumatera: 

  1. Kota Medan 

Medan merupakan kota terpenting di luar pulau Jawa sekaligus merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya 

Kota ini juga merupakan yang terbesar di Pulau Sumatera. Kota Medan berkembang sebagai pintu gerbang utama di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Rezeki Nomplok, 2 Kabupaten di Sulteng Ini akan Jadi Lokasi Proyek Raksasa Terusan Khatulistiwa yang Bakal Membelah Pulau Sulawesi Menjadi Dua Bagian!

Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Berlawan dan Bandar Udara Internasional Kualanamu yang merupakan Bandar terbesar kedua di Indonesia.

Medan dinilai pesat pertumbuhannya karena memiliki basis ekonomi perdagangan dan jasa yang sangat kuat dan mengakar sejak dulu hingga sekarang.

  1. Batam 

Sudah sejak lama pemerintah Indonesia ingin menciptakan Batam sebagai kota yang dapat bersaing dengan Singapura.

Baca Juga: Diluar Nalar! Sulteng Siap Eksekusi Proyek Raksasa Ambisius yang Akan Membelah Pulau Sulawesi Jadi 2 Bagian: Kapan Dimulai?

Batam menjadi sebagai salah satu kota terpenting di Indonesia demi mewujudkan hal tersebut pemerintah membentuk badan khusus yang bernama Badan Pengusahaan (BP) Batam. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat