bdadinfo.com

Diluar Nalar! Sulteng Siap Eksekusi Proyek Raksasa Ambisius yang Akan Membelah Pulau Sulawesi Jadi 2 Bagian: Kapan Dimulai? - News

Ilustrasi proyek raksasa Terusan Khatulistiwa di Sulawesi Tengah yang akan membelah Pulau Sulawesi menjadi 2 bagian. (freepik)

- Sebuah rencana pembangunan besar tengah diupayakan oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah.

Proyek infrastruktur raksasa Sulawesi Tengah tersebut diketahui merupakan upaya untuk membangun jalur transportasi laut yang baru.

Pemerintah Sulawesi Tengah merencanakan pembangunan sebuah terusan yang akan membelah Pulau Sulawesi menjadi 2 (dua) bagian.

Baca Juga: Beroperasi Sebelum Lebaran Tahun 2024, Jalan Tol Terbaru di Sumatera Utara ini Lakukan Uji Kelayakan: Siap Mudik Lewat Tol Baru?

Terusan tersebut nantinya akan menghubungkan Selat Makassar hingga tembus ke Teluk Tomini di bagian lain.

Rencana pembangunan tersebut tentunya dilandasi dari keinginan untuk memudahkan transportasi manusia maupun logistik melalui jalur laut.

Diketahui, rencana pembangunan terusan yang akan membelah Pulau Sulawesi menjadi dua bagian ini merupakan ide lama yang sudah pernah dikemukakan.

Baca Juga: Konstruksi Stadion Teladan di Sumatera Utara Mulai Dikebut PUPR, Stadion Megah Akan Langsung Berdiri di Tahun 2024 ini: Cuma Setahun Pembangunan!

Akan tetapi, rencana pembangunan proyek raksasa ini kembali hadir dan coba diwujudkan kembali di tahun-tahun mendatang.

Diduga efek keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemindahan ibu kota dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan menjadi salah faktor yang membuat rencana proyek terusan ini menyeruak kembali.

Secara geografis, Pulau Sulawesi utamanya Provinsi Sulawesi Tengah lokasinya sangat berdekatan dengan IKN yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga: Asyik! Stadion Berstandar FIFA di Sumatera Utara ini Siap Hadir di Tahun 2024: Konstruksinya Cuma Butuh 1 Tahun, Maret ini Sudah Terlihat Kemewahannya

Hal ini akan coba dimanfaatkan betul oleh Sulawesi Tengah untuk menjadi daerah yang terdepan di Indonesia.

Salah satu upayanya adalah membangun konektivitas jalur transportasi laut yang akan menghubungkan Selat Makassar dan Teluk Tomini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat