bdadinfo.com

Baru Diresmikan! 3 Pelabuhan Teluk Palu Terbesar Ini Siap Dibuka Kembali, Kemenhub Lakukan Uji Coba di Sulawesi Tengah - News

Pelabuhan Terbesar Teluk Palu, Sulteng (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis nasional di Sulawesi Tengah perlahan akan rampung dan baru diresmikan oleh Presiden Jokowi pekan lalu. 

Diketahui, terdapat 3 pelabuhan terbesar di Teluk Palu meliputi Pelabuhan Pantoloan, Donggala, dan Wani.

Pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 silam.

Baca Juga: Begini Sejarah THR: Dulu Dilakukan dengan Potongan Gaji

Pada tahun 2018 silam yang mengakibatkan kerusakan fasilitas dan bangunan yang cukup parah termasuk ketiga pelabuhan di Palu. 

Keterangan resmi dari amanat Presiden melalui Inpres Nomor 10 Tahun 2018 terkait percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Provinsi Sulawesi Tengah.

Rekonstruksi pascabencana termasuk fasilitas transportasi di bandara dan pelabuhan. 

Baca Juga: Usut Tuntas Sejarah Bandara Internasional di Banyuwangi dari Glenmore Pindah ke Blimbingsari, Maksudnya?

Pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan telah menjalin kerja sama dengan Asian Development Bank (ADB).

Dalam membenahi kerusakan infrastruktur dan fasilitas akibat bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya mengalami perbaikan. 

Perbaikan fasilitas pelabuhan diantaranya melalui program Emergency Assistance for Rehabilitation and Reconstruction (EARR). 

Baca Juga: Kerugian Korupsi Timah Rp271 Triliun, Bisa Dipake Buat Beli Apa Aja Sih?

Kementerian Perhubungan optimis pengerjaan tiga pelabuhan di Teluk Palu dengan nilai investasi sebesar $68,36 juta atau sekitar 1 Triliun Rupiah segera beroperasi dan melayani penumpang pada kuartal pertama 2024.

“Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut optimis ketiga pelabuhan tersebut dapat kembali melayani kegiatan kepelabuhanan,”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat