bdadinfo.com

Letak Harta Karun di Laut Dekat Jakarta dengan Luas Wilayah Mencapai 8.279,29 Kilometer Persegi Menyimpan Minyak 1 Miliar Barel - News

Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta, tetapi kebanyakan berada di prairan utara Kabupaten Tangerang. Meskipun memakai nama

- Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu atau yang sering di sebut juga Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 105 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km².

Posisinya secara geografis adalah pada 5°24´–5°45´ LS dan 106°25´–106°40´ BT dengan luas 870 hektare (8,70 km²).

Baca Juga: Kota Pekanbaru Ditenggelam Kota Metropolitan Ini, Kabupaten Seluas 632,3 km² Dinobatkan Jadi Ibukota Baru di Provinisi Riau

Temperatur sepanjang tahun umumnya berkisar antara 21 °C-32 °C dengan kelembaban udara rata-rata 80%.

Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta, tetapi kebanyakan berada di prairan utara Kabupaten Tangerang.

Meskipun memakai nama "Seribu", bukan berarti pulau-pulau di dalam gugusan kepualaun itu berjumlah seribu. Jumlah pulau dan gosong adalah 342 pulau, termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi maupun yang tidak.

Pulau pasir dan terumbu karang itu sendiri berjumlah 158. Tidak semua pulau didiami manusia.

Baca Juga: Buka Bersama, Gubernur Tegaskan Peran Strategis LKAAM, MUI dan DMI dalam Mewujudkan Sumbar yang Madani

Gugusan Kepulauan Seribu memiliki potensi yang tidak kecil untuk pengembangan berbagai macam industri, antara lain pertambangan, perikanan serta yang paling utama ialah pariwisata.

Berdasarkan pengakuan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto mengungkapkan bahwa rencana pengembangan lapangan Zulu di wilayah kerja Offshore North West Java (ONWJ) oleh PT Pertamina Hulu Energi terus berjalan. Hal tersebut ia ungkapkan di Gedung Kementerian ESDM.

"(Zulu) itu jalan terus, cukup bagus ada prospek bagus di ONWJ sekarang," ungkapnya.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mendorong PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) untuk segera mengembangkan Lapangan Zulu karena diprediksi memiliki potensi sumber daya minyak hingga 1 miliar barel.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pemerintah telah mengidentifikasi beberapa area lapangan minyak dengan potensi besar yang harus segera dikembangkan, termasuk Lapangan Zulu di wilayah ONWJ.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat