bdadinfo.com

Lokasi Strategis Harta Karun di Perut Bumi Jawa Barat Terbesar di Dunia Pesaing Baru Freeport Terletak Taman Nasional Hasilkan Emas 3,3 Juta Ton - News

Pertambangan Gunung Pongkor di Jawa Barat ini disebut memiliki potensi untuk bisa menghasilkan emas sebanyak dua ton per tahun. Memiliki luas mencapai 6.042 hektare, pertambangan emas ini diklaim sebagai yang terbesar di Jawa Barat.

- Jawa Barat, disingkat Jabar adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat pulau Jawa, dengan ibu kota provinsi di Kota Bandung.

Jawa Barat berbatasan dengan provinsi Banten dan wilayah ibu kota Jakarta di sebelah barat, Laut Jawa di utara, Provinsi Jawa Tengah di timur, dan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Bersama dengan Provinsi Banten, Jawa Barat disebut sebagai Tatar Sunda atau Pasundan karena merupakan kampung asli masyarakat Sunda, suku terbesar kedua di Indonesia.

Baca Juga: Lokasi Harta Karun di Sumatera Selatan Terletak di 2 Desa Kecil Ini Sangat Melimpah Hasilkan 79 Juta Ton Kalahkan Kalimantan?

Temuan arkeologi di Anyer menunjukkan adanya budaya logam perunggu dan besi sebelum milenium pertama. Gerabah tanah liat prasejarah zaman buni (Bekasi kuno) bisa ditemukan merentang dari Anyer sampai Cirebon.

Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, dan Laut Jawa di sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta di sebelah barat.

Kawasan pantai utara merupakan dataran rendah. Di bagian tengah merupakan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa.

Titik tertingginya adalah Gunung Ciremai, yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Sungai-sungai yang cukup penting adalah Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk, yang bermuara di Laut Jawa.

Baca Juga: Perjalanan Rangkaian Produk Kecantikan Buttonscarves Beauty Hadir di Shopee Big Ramadan Sale, Senantiasa Menunjang Penampilan Menawan

Iklim di Jawa Barat adalah tropis, dengan suhu terendah tercatat yang dapat mencapai 9 °C di Puncak Gunung Pangrango dan tertinggi tercatat yang dapat mencapai 34 °C di Pantai Utara.

Curah hujan rata-rata mencapai 2.000mm per tahun di seluruh provinsi. Adapun curah hujan di beberapa tempat di daerah pegunungan berkisar antara 3.000mm sampai 5.000mm per tahun.

Terkait, penemuan tambang emas di Jawa Barat ini menggemparkan banyak orang.

Pasalnya, cadangan bijih di Jawa Barat ini sangat melimpah karena diperkirakan mencapai 3,3 juta ton. Cadangan 3,3 juta ton di Jawa Barat itu setara dengan 12 ton emas.

Keberadaannya menjadi pesaing baru dari Freeport yang dikenal sebagai tambang emas terbesar di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat