bdadinfo.com

LKPJ 2023 Wali Kota Disorot, DPRD Padang Beri Rekomendasi Evaluasi Kinerja dan Optimalisasi PAD Kota Padang - News

Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi serta Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2023, Senin (1/4/2024) (IST)

 

PADANG, - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi serta Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2023, Senin (1/4/2024).

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani didampingi Wakil Ketua Amril Amin dan Sekwan Hendrizal Azhar.

Rapat Paripurna dihadiri langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, Sekretaris DPRD Kota Padang Andre Algamar, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Dirut RSUD, Dirut Perumda dan undangan lainnya.

Baca Juga: Eks KRI Teluk Bone 511 Menepi di Talao Pauh Kota Pariaman

Peserta rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi serta Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2023
Peserta rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi serta Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2023 (IST)

Pada kesempatan tersebut, Helmi Moesim, Juru Bicara Pansus mengatakan bahwa Wali kota Padang telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2023 melalui surat nomor 100.1.7/42/PEM-2024 tanggal 8 Maret 2024.

Pembahasan LKPJ ini diamanahkan kepada Panitia Khusus (Pansus) I, II, III, dan IV melalui Keputusan DPRD Kota Padang Nomor XX Tahun 2024 tanggal 12 Maret 2024.

"Pansus I, II, III, dan IV telah melakukan pembahasan secara maraton bersama SKPD/OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Pansus juga melakukan kunjungan kerja dan studi banding ke beberapa daerah di dalam dan di luar Pulau Sumatra. Tujuannya untuk mendapatkan masukan dan perbandingan dalam rangka penyempurnaan LKPJ Wali kota Padang," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pansus telah mengkaji capaian kinerja, permasalahan, dan hambatan yang dihadapi SKPD/OPD dalam melaksanakan program dan kegiatan tahun 2023.

Pimpinan rapat
Pimpinan rapat

"Berdasarkan hasil pembahasan tersebut, Pansus I, II, III, dan IV merumuskan beberapa rekomendasi untuk perbaikan kinerja Pemko Padang di masa depan," sambungnya.

Beberapa poin rekomendasi yang disampaikannya seperti Evaluasi kinerja SKPD yang tidak mencapai target PAD, Optimalkan pengelolaan PAD, Lakukan rasionalisasi dan efisiensi anggaran secara tepat sasaran.

Berdasarkan laporan Pansus I, meminta Inspektorat Kota Padang untuk melakukan pengawasan dan pembinaan optimal terkait temuan BPK tahun 2023 dan tahun-tahun sebelumnya di semua SKPD.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat