bdadinfo.com

Titik Lokasi Harta Karun di Pasaman Barat Terletak di Tanah Ulayat Tongku Nan Sati Dikeruk Monster Baja Besi Bertahun-tahun - News

Tambang emas ilegal di daerah Tombang Sinuruik Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terus berlangsung hingga saat ini.

- Kabupaten Pasaman Barat adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Daerah ini dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003, dengan ibu kota kabupaten di Simpang Ampek.

Baca Juga: Titik Lokasi Harta Karun Peninggalan Zaman Belanda di Sumatera Barat Hasilkan 50 Kg Per Hari, Diam-diam Dikeruk Penduduk Setempat Tanpa Izin

Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu dari 3 (tiga) kabupaten pemekaran di provinsi Sumatera Barat, berdasarkan Undang-undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Pasaman Barat.

Kabupaten Pasaman Barat dengan luas wilayah 3.864,02 km², jumlah penduduk 441.773 jiwa (2023), dengan administrasi pemerintahan yang meliputi 11 (sebelas) kecamatan dan 90 nagari.

Baca Juga: Titik Lokasi Harta Karun Kiloan Emas di Pusat Jakarta yang Terletak Tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka Sudah Ada Sejak Tahun 1975

Pada 25 Februari 2022 sekitar pukul 8.29 WIB, gempa terjadi di kawasan ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,2.

Secara geografis Kabupaten Pasaman Barat terletak di antara 00° 33’ Lintang Utara sampai 00° 11’ Lintang Selatan dan 99° 10’ sampai 100° 04’ Bujur Timur.

Secara umum topografi daerah Kabupaten Pasaman Barat adalah datar dan sedikit bergelombang, sedangkan daerah bukit dan bergunung hanya terdapat di Kecamatan Talamau dan Gunung Tuleh.

Baca Juga: Titik Lokasi Harta Karun Peninggalan Zaman Belanda 150 Tahun Lalu di Pesisir Selatan yang Dijuluki Gunung Emas

Ketinggian daerah bervariasi dari 0 sampai 913 meter di atas permukaan laut. Wilayah datar dengan kemiringan 0-3%, datar bergelombang dengan kemiringan 3-8%.

Berombak dan bergelombang dengan kemiringan lereng 8%-15% serta wilayah bukit bergunung dengan kemiringan lereng di atas 15%.

Aktifitas penambangan emas ilegal di daerah Tombang Sinuruik Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terus berlangsung hingga saat ini.

Tak kurang 11 alat berat ekskavator alias monster baja besi mengeruk lokasi dekat sungai Tombang itu.

"Kami minta aparat penegak hukum menindak tambang emas ilegal ini. Sudah berbulan-bulan tambang emas ilegal ini berjalan, namun masyarakat dan niniak mamak seakan bungkam dan menutup mata" kata mamak kampung Sinuruik Yosi Tongku Rajo Adil kakak dari Pucuak Adat dalam Sako Tuanku Nan Sati, di Simpang Empat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat