bdadinfo.com

Terletak di Teluk sebagai Jantung Pertahanan Belanda, Pulau Mungil Seluas 4 Hektar di Sumatera Barat, Kini Pesonanya Bak Miniatur Surga Disenja Hari - News

Pulau Cingkuak ini memiliki peranan yang besar pada masa VOC. Pada tahun 1666, di Pulau inilah kompeni dagang VOC membangun lojinya di pantai barat Sumatra. Pulau Cingkuak merupakan pusat kegiatan perdagangan di kawasan selatan pesisir barat Minangkabau.

- Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia.

Kabupaten Pesisir Selatan ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km². Ibu kota Pesisir Selatan berada di kecamatan IV Jurai, tepatnya di Painan.

Kabupaten Pesisir Selatan terletak di pinggir pantai, dengan garis pantai sepanjang 218 kilometer Topografinya terdiri dari dataran, gunung dan perbukitan yang merupakan perpanjangan gugusan Bukit Barisan.

Berdasarkan penggunaan lahan, 45,29 persen wilayah terdiri dari hutan, termasuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Cagar Alam Koto XI Tarusan, dan rawa gambut

Baca Juga: Update Progres Pembangunan Jalan Non Tol Segmen 6C di Kawasan Ibu Kota Nusantara

Melansir dari laman berita.pesisirselatankab.go.id, fasilitas yang ada di pulau tersebut sangat beragam, salah satunya jembatan dan dermaga kecil yang jadi spot terfavorit untuk melihat keindahan pulau itu.

Lalu di sebelah sebelah barat pulau itu juga terdapat mercusuar yang menyuguhkan pemandangan gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilinya dari ketinggian.

Pulau seluas 4 hektar itu juga terkenal dengan keindahan sunsetnya menjelang senja.

Maka salah satu aktivitas kesukaan wisatawan saat berada di pulau ini adalah bersantai di pinggir pantai sembari menikmati keindahan sunset tersebut.

Baca Juga: Persiapan Mudik Lebaran 2024: Informasi Jalan Tol Sumatera yang Siap Digunakan

Apalagi pasir di pinggir pantai pulau itu juga terkenal lembutnya yang membuat wisatawan semakin betah berlama-lama bersantai di atasnya.

Nah, bagi yang ingin ke pulau tersebut, telah tersedia kapal-kapal di dermaga yang siap mengantar kapan saja.

Adapun letak pulau itu hanya sekitar 500 meter dari daratan kawasan Pantai Carocok.

Pulau seluas 4 hektar yang dulunya tempat benteng pertahanan Belanda itu bernama Pulau Cingkuak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat