bdadinfo.com

Wow! Jembatan Tertua Disini Bakal Diganti Terbaru Sekaligus Terpanjang di Sulawesi Tengah Ditargetkan Rampung 2024! - News

Jembatan Tawaeli I, SulTeng  (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis nasional di Sulawesi Tengah ini yang baru saja akan dimulai konstruksinya terutama Jembatan tertua

Jembatan tertua tersebut berlokasi pada ruas Jalan Kebun Sari (Talise) - Tawaeli yang bernama Jembatan Tawaeli I.

Diketahui rencananya jembatan tersebut akan berukuran jembatan akan lebih lebar dan panjang dibanding sebelumnya.

Baca Juga: Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan Stadion Baru dan Kebanggaan di Kabupaten Jawa Timur Menang Banyak Tahun 2024, Kejutan Baru?

Pembangunan jembatan sangat membantu hubungkan dua wilayah yang terpisahkan laut, sungai atau jurang. 

Pasalnya di Sulawesi Tengah, beberapa wilayah dipisahkan oleh sungai, sehingga dibutuhkan jembatan untuk hubungkan kedua wilayah.

Dengan alasan diganti karena usianya yang cukup tua sehingga membutuhkan konstruksi yang lebih kokoh menjadi akses utama distribusi barang bermuatan cukup berat.

Baca Juga: Resep Lodeh Tempe Sayuran Lezat dan Gurih, Bahan Sederhana Mudah Dibuat Pemula! Cocok untuk Sayur Pelengkap Nasi

Konstruksi pembangunan Jembatan Tawaeli I menggunakan Tipe Rangka Baja United Kingdom (RBU) yang dibangun pada tahun 1977 dengan lebar 7m. 

Kemudian, pergantian jembatan karena akses transportasi yang dilalui dari pelabuhan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Bangunan Jembatan Tawaeli I merupakan proyek Multi Year Contract (MYC) yang dikelola oleh Penyedia Jasa PT Citra Nusa Indah Lestari.

Baca Juga: Menggali Potensi Panas Bumi Kalimantan Selatan! Menyongsong Energi Terbarukan hingga Transisi Energi Hijau

Pengerjaan jembatan ini telah dimulai sejak Maret 2023 dan rampung pada Mei 2024 dengan jelasnya rencana Provisional Hand Over (PHO) pada 12 Mei 2024.

Pengawas Teknis, Sutan Sukarno menjelaskan, kontrak jembatan di Tawaeli dimulai sejak 17 Maret 2023 dan berakhir pada 12 Mei 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat