bdadinfo.com

Membanggakan! Mengintip Keindahan Arsitektur Bandara Internasional Dhoho, Gaya Modern tapi Melokal dengan Nuansa Budaya Jawa - News

Arsitektur Bandara Internasional Dhoho Kediri

Bandara Internasional Dhoho mulai beroperasi pada Jumat, 5 April 2024, dengan penerbangan pertama dilakukan oelh maskapai penerbagan Citilink.

Terletak di Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Jawa Timur, Bandara Internasional Dhoho menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi warganya.

Direncanakan Bandara Internasional Dhoho akan melayani wilayah penerbangan domestik dan internasional, namun untuk sementara hanya melayani rute domestik Dhoho ke CGK – Soekarno Hatta.

Baca Juga: Menelusuri Pulau Eksotis Ternate! Pusatnya Cengkeh hingga Jadi Kota Dagang Legendaris di Jalur Rempah

Menjadi banda udara pertama swasta di Indonesia, yang masuk dalam Proyek Strategi Nasional dengan pembiayaan dari swasta menjadikan Bandara Internasional Dhoho sebagai contoh sukses untuk PSN lainya.

Dikutip dari laman dephub.go.id yang diunggah pada 8 Desember 2023, Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi mengatakan

“Ini adalah proyek kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Unsolicited (Pemrakarsa dan pendanaan dari pihak swasta/ Non APBN) pertama di Indonesia, yang dari awal kita desain Bersama-sama sampai selesai. Ini dalah salah satu contoh bahwa Indonesia memiliki pihak swasta yang punya komitmen untuk membangun konektivitas di Indonesia. Ini juga menjadi contoh Swasta yang lain yang ingin berinvestasi di bandara,” kata Menhub.

Baca Juga: Musim Mudik Lebaran 2024: Mengenal Bahaya Microsleep dan Cara Mengatasinya saat Berkendara Agar Terhindar Lakalantas

“Jawa Timur adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Indonesia dan memang dibutuhkan bandara yang ada disisi Selatan. Apa yang dibangun saat ini sangat signifikan dengan runway sepanjang 3300 meter lebar 45 meter yang dapat didarati segala jenis pesawat,” imbuhnya

Menurutnya bandara ini juga sangat potensial untuk melayani penerbangan Haji dan Umroh.

“Kami sudah akan memberikan izin penerbangan umroh dan haji di bandara ini. Disekitar bandara ini juga sudah dilengkapi fasilitas penunjang seperti, Hotel dan fasilitas lainya,” Imbuhnya lagi.

Baca Juga: Resep Gulai Kikil Sapi Lezat dan Kaya rempah, Bahan Sederhana Mudah Dibuat Pemula

Pihak swasta yang bertanggung jawa atas pembangunan bandara ini adalah PT Surya Dhoho Investama (SDHI) yang merupakan anak perusahaan dari PT Gudang Garam dengan total investasi sebesar 13 Triliun.

Bangunan Bandara Internasional Dhoho ini memiliki kesan modern yang bernuansa buada jawa, hal ini dapat dilihat banyaknya oranmen, hiasan dan pajangan khas budaya Jawa yang tersebar di area bandara.

Dilansir dari laman Youtube Leonardo Edwin yang diunggah pada 5 April 2024, saat mengikut penerbangan pertama Bandara Internasional Dhoho rute CGK Soekarno Hatta – Dhoho.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat