bdadinfo.com

Inilah 5 Daerah di Indonesia yang Berpenghasilan Emas, Pantas Saja Menjadi Provinsi dengan Penghasilan Terkaya Di Indonesia - News

5 Tambang Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Ada Pada Pulau Sumatera/ Murni Gold Jewelry


- Indonesia, merupakan negara dengan memiliki kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tidak diragukan lagi hingga saat ini.

Tentu saja, bisa dilihat dari letak geografis dan beberapa ribuan kepulauan di Indonesia, yang memiliki keunikan tersendiri, sehingga diminati oleh wisatawan dari seluruh Dunia.

Indonesia, menjadi negara dengan penghasil emas, yang bisa diolah menjadi perhiasan, bahan infrastruktur pembangunan, alat elektronik dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Membanggakan! Mengintip Keindahan Arsitektur Bandara Internasional Dhoho, Gaya Modern tapi Melokal dengan Nuansa Budaya Jawa

Sehingga, tidak diragukan lagi bahwa Indonesia menempati peringkat kedelapan penghasil emas terbesar dunia pada tahun 2023 lalu, dengan estimasi produksi 110 metrik ton emas.

Nah, bagi yang belum tahu dimanakah wilayah Indonesia yang memiliki penghasil Emas, inilah 5 wilayah di Indonesia yang paling banyak menghasilkan Emas saat ini.

Baca Juga: Menelusuri Pulau Eksotis Ternate! Pusatnya Cengkeh hingga Jadi Kota Dagang Legendaris di Jalur Rempah

1. Mimika, Papua

Tidak diragukan lagi saat ini, kalau daerah Mimika di Papua memiliki tambang emas terbesar kedua di Indonesia, dan Tambang emas ini dinamakan Grashberg.

Tambang Grashberg, dikelola oleh PT Freeport. Julukan sebagai tambang terbesar kedua di dunia memang pantas tersemat pada tambang emas ini, karena emas Grashberg dapat memproduksi sekitar 3 juta logam emas per tahun.

Dengan dihasilkan setiap hari, tambang emas Grashberg dapat menghasilkan sekitar 240 kilogram emas murni. Sementara untuk cadangan memiliki 1,76 juta ton biji emas, dan 1.875 ton biji perak.

Baca Juga: Musim Mudik Lebaran 2024: Mengenal Bahaya Microsleep dan Cara Mengatasinya saat Berkendara Agar Terhindar Lakalantas

2. Pujon, Kalimantan Tengah

Pulau Kalimantan, memang telah lama menyandang status gelar primadona dunia, karena memiliki kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya, dan salah satunya yaitu berupa emas yang melimpah.

Cadangan emas di wilayah tersebut, bisa mencapai 40 juta ton, dan cadangan perak sebanyak 16 juta ton, sehingga Daerah penghasil emas terbesar terletak di Desa Pujon, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Walaupun lokasinya cukup terpelosok dengan akses yang rendah, Desa ini tetap memperoleh julukan Desa Emas, karena profesi mayoritas warga setempat adalah penambang emas.

Cadangan emas yang ada di Tambang Pujon, diperkirakan tidak akan habis digunakan sampai beberapa puluh tahun mendatang.

Baca Juga: Resep Gulai Kikil Sapi Lezat dan Kaya rempah, Bahan Sederhana Mudah Dibuat Pemula

3. Gosowong, Maluku Utara

Maluku juga tidak ketinggalan dibanding Provinsi Indonesia lainnya yang memiliki Tambang emas bernama Gosowong, yang berlokasi di Halmahera, Maluku Utara.

Lokasi ini, merupakan penghasil emas terbesar ketiga di Indonesia, dan menjadi satu-satunnya di daerah Maluku yang memiliki penghasilan Emas setiap hari.

Pertambangan yang dikelola oleh PT. Nusa Halmahera Minerals. diduga memiliki cadangan emas sebanyak 26,9 juta ons, sehingga Tambang emas Gosowong adalah tambang yang sudah beroperasi sejak tahun 1996.

Maluku Utara masih menyimpan banyak potensi tambang emas, Karena selain Gosowong, ada Ngailamo dan Sesewet yang memiliki cadangan emas yang begitu melimpah.

Baca Juga: Menggali Potensi Panas Bumi Kalimantan Selatan! Menyongsong Energi Terbarukan hingga Transisi Energi Hijau

4. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Ternyata di Wilayah Nusa Tenggara juga memiliki Tambang emas, bernama Tambang Onto yang berlokasi di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Tambang Onto, merupakan hasil eksplorasi yang dilakukan PT Sumbawa Timur Mining sejak tahun 2010 lalu, Penemuan deposit bijih tembaga-emas di wilayah ini diumumkan pada Februari 2020 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Berdasarkan hasil eksplorasi hingga bulan Desember 2019 lalu, sumber daya mineral Tambang Onto diperkirakan mencapai 1,7 miliar ton, dengan kandungan 0,89 persen tembaga dan 0,49 g/t emas.

Sebanyak 64 lubang pemboran, telah dilakukan untuk menentukan ukuran, luas, dan karakteristik sumber daya mineral di salah satu pertambangan di Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Kembali Muncul Pasca Anak Terseret Kasus Bullying, Vincent Rompies Ucapkan Hal Ini Pertama Kali di YouTube VINDES

5. Gunung Pongkor, Bogor

Meskipun Papua termasuk daerah yang menghasilkan emas terbanyak, akan tetapi Pulau Jawa juga memiliki pertambangan lainnya yang menunjang produksi emasnya.

Salah satunya terletak di Gunung Pongkor, kecamatan Nanggung, Kota Bogor. Tambang emas ini berada di bawah naungan PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Perusahaan tersebut, telah menemukan tambang emas di sekitar daerah pegunungan Pongkor pada tahun 1989 lalu.

Baca Juga: Chaeyoung Twice dan Zion T Dikabarkan Dating! Reaksi Penggemar hingga Berani Doakan dan Harapkan Hal Ini

Tim geologi perusahaan diarahkan, untuk melakukan penelitian terhadap Gunung Pongkor, dan Survei yang dilakukan oleh karyawan perusahaan tersebut berhasil menemukan tambang emasnya.

Luas tambang yang mereka milik mencapai 6.042 hektare, Ada juga produksi logam emas di Gunung Pongkor sebesar 1,5 hingga 2 ton per tahun.

Itulah 5 wilayah di Indonesia yang memiliki penghasilan Emas, sehingga tidak tanggung-tanggung bila di wilayah tersebut menjadi wilayah paling terkaya di Indonesia.

Baca Juga: Disney Plus Cegah Pelanggannya Bagikan Password Mulai Juni Tahun Ini, Begini Caranya

Emas, yang dimaksud bukan sekedar diolah menjadi sumber kekayaan bagi alam, negara dan pribadi semata, tetapi menjadi warisan yang harus dijaga saat ini hingga beberapa generasi mendatang.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat