bdadinfo.com

Pemudik Naik 65 Persen, Menko PMK: Kapal dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni Hanya Turunkan Penumpang - News

Pemudik Naik 65 Persen, Menko PMK: Kapal dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni Hanya Turunkan Penumpang (Foto: Instagram @kemenko_pmk)

 – Angka pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni dilaporkan mengalami kenaikan hingga 65 persen. Oleh sebab itu, terjadi macet panjang di Tol Merak sampai berjam-jam.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada sejumlah perubahan yang dilakukan dalam pelayanan Pelabuhan Merak.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudaraan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai mengikuti Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran Tahun 2024 di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Cilegon, Bante, pada Minggu, 7 April 2024.

Baca Juga: Sidang Isbat Penetapan Lebaran 2024 Digelar Besok, Kemenag Turunkan Tim untuk Pantau Hilal di 120 Titik Lokasi

“Penyeberangan ini mengalami kenaikan yang sangat drastis dan Pak Kapolda melaporkan ada kenaikan 65 persen. Tentu saja ini pasti tentu saja di dalam pelayanan kita pasti akan ada perubahan,” jelas, dilansir  dari humas.polri.go.id.

Menurut Muhadjir Effendy, kapal dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni hanya akan menurunkan penumpang lalu kembali.

“Jadi kita akan mengambil kebijakan, kapal dari Merak ke Bakauheni hanya nge-drop penumpang dan langsung kembali ke Merak untuk mengangkut penumpang,” papar Muhadjir Effendy, dilansir  dari kemenkopmk.go.id.

Baca Juga: Andre Rosiade Terus Salurkan Ribuan Paket Sembako untuk Korban Terdampak Banjir Pessel Jelang Lebaran

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa kapal bongkar muat hanya di Pelabuhan Ciwandan atau Pelabuhan Pajang.

“Sementara, untuk kapal yang bongkar dan muat hanya di Pelabuhan Ciwandan atau Pelabuhan Pajang,” beber Muhadjir Effendy.

Tak hanya itu, pemerintah juga menetapkan sistem buka tutup jalan untuk masuk ke Pelabuhan Merak. Sistem delay tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penumpulan kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan Merak.

“Karena itu kalau kita lihat antrean di jalan tol, ada yang kita delay. Kita tahan itu agar tidak terjadi kepadatan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan para pemudik,” terang Muhadjir Effendy.

Meski demikian, Muhadjir Effendy menilai penanganan penyeberangan laut di arus mudik Lebaran 2024 sudah berjalan cukup baik. Ia lantas menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan mudik tahun ini.

“Oleh sebab itu, saya selaku Menteri Koordinator yang mendapatkan tugas dari Pak Presiden untuk mengkoordinasikan kegiatan mudik tahun 2024 mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan ini. Termasuk teman-teman media, karena banyak kebijakan yang kita ambil berdasar pemberitaan media,” kata Muhadjir Effendy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat