bdadinfo.com

Foto Penampakan Kampung Konoha Seperti dalam Serial Anime Naruto Terletal 138 km dari Padang Bikin Orang Jepang Geleng-geleng Kepala - News

Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

 -  Lembah Harau, atau biasa juga disebut dengan Ngarai. Merupakan sebuah lembah yang ‘terjebak’ di antara dua tebing terjal. Objek wisata Sumatera Barat ini diminati oleh hampir seluruh wisatawan yang datang ke Sumatera Barat.

Jika melihat dari arah bawah lembah, akan tampak seolah tebing-tebingnya meruncing menembus awan.

Lembah Harau terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Baca Juga: Mudik Lebaran Idulfitri Tahun 2024 Jadi yang Paling Tinggi dalam Sejarah, JTTS Diserbu Puluhan Ribu Kendaraan: Sumatera Selatan Nomor 1!

Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Harau diyakini berasal dari kata ‘parau’, istilah lokal yang artinya suara serak.

Dulu, penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering menghadapi banjir dan longsor sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan.

Penduduknya sering berteriak histeris dan akhirnya menimbulkan suara parau. Dengan ciri suara penduduknya banyak yang parau didengar maka daerah tersebut dinamakan ‘orau’ dan kemudian berubah nama menjadi ‘Arau’ hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi ‘harau’.

Viral! Foto Penampakan Kampung Konoha Seperti dalam Serial Anime Naruto Terletal 138 km dari Padang Bikin Orang Jepang Geleng-geleng Kepala
Viral! Foto Penampakan Kampung Konoha Seperti dalam Serial Anime Naruto Terletal 138 km dari Padang Bikin Orang Jepang Geleng-geleng Kepala

Lembah Harau sendiri sebenarnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang memiliki luas 669 hektar.

Sepanjang wilayah itu, kamu akan disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan, mulai dari bentangan sawah, tebing-tebing batu granit serta sejumlah air terjun yang terdapat di wilayah Lembah Harau.

Baca Juga: Kabupaten Ngawi Punya Nyali! Sepanjang 652Km Ruas Jalan Daerah di 2 Desa Ini Mulus Kembali, Apa Warga Tahu?

Hasil survei tim geologi asal Jerman tahun 1980 menemukan jenis batuan yang ditemukan di daerah ini identik dengan yang ditemukan di dasar laut berupa batuan breksi dan konglomerat.

Legenda masyarakat Sarasah Aka Barayunjuga menceritakan bahwa di sekitar Cagar Alam Lembah Harau dulunya adalah laut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat