bdadinfo.com

Gak Perlu Pusing! Konstruksi Pembangunan Jalan Tol Pertama dan Terpanjang di Lampung Inilah Siap Beroperasi Layani Mudik Lebaran, Cek Tarifnya! - News

Tarif Jalan Tol Lampung  (Freepik)

- Beberapa hari lagi umat Islam akan menyambut hari kemenangan setelah melaksanakan ibadah suci bulan ramadhan. 

Kementerian PUPR telah memberi keterangan resmi bahwa sebanyak 15 ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dinyatakan beroperasi penuh saat lebaran Idul Fitri 2024.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR masih mengupayakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam setiap penyelesaian Jalan Tol di Indonesia.

Baca Juga: Diam Menghanyutkan! Konstruksi Pembangunan Seluruh Jalan Nasional di Sumatera Selatan Segera Rampung 2024, Demi Jalur Akses Arus Mudik!

Kendati Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015 terkait Pemerintah memberi amanat kepada Hutama Karya untuk membangun dan mengembangkan JTTS. 

Jalan tol di Sumatera yang akan menghubungkan Lampung dan Aceh melalui 24 ruas jalan secara keseluruhannya mencapai 2.704km dan akan beroperasi penuh pada 2024.

Terkoneksinya Lampung hingga Aceh memiliki peran penting dalam mendukung aksesibilitas masyarakat di Pulau Sumatera. 

Baca Juga: Kompak Pakai Seragam saat Lebaran, Tak Sangka Desta dan Natasha Rizky Dapat Doa Ini dari Netizen

Baik dari kelancaran berkendara yang memotong jarak tempuh antar wilayah dan mendukung kelancaran pendistribusian logistik. 

Selain mendukung kelancaran pendistribusian logistik dan menumbuhkan banyak membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

Sementara sebagai pulau terbesar kedua di Nusantara dengan populasi melebihi 55 juta jiwa, Sumatera menduduki peran penting dalam perekonomian negara.

Baca Juga: Pasca Longsor, Menteri PUPR Upayakan Tol Bocimi Kembali Beroperasi Mulai Besok

Jalur bebas hambatan ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera yang terus dikebut pengerjaannya dengan total jarak tol Lampung sendiri adalah 140,94km.

Kemudian tol Lampung ini membentang dari wilayah Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan hingga wilayah Terbanggi Besar di Kabupaten Lampung Tengah sehingga dikenal juga dengan tol Bakauheni Terbanggi Besar (tol Bakter).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat