bdadinfo.com

Bengkulu Memang Provinsi Tajir Melintir! Punya Simpanan Harta Karun Emas Murni Mengalahkan Tambang Emas di Papua Bikin PT Freeport Tergoda - News

dibalik ribuan hektar kawasan hutan lindung bukit sanggul di Ulu Seluma itu bakal dipersiapkan demi meningkatkan iklim investasi, salah satunya adalah isu soal Investasi Tambang emas yang bisa mencapai triliunan rupiah.

- Provinsi Bengkulu adalah sebuah provinsi yang berada di Pulau Sumatra, Indonesia. Ibu kota provinsi ini terletak di Kota Bengkulu.

Provinsi Bengkul ini terletak di bagian barat baya Pulau Sumatra dan pantai barat di bagian selatan Pulau Sumatra yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung pada wilayah sekitarnya. 

Provinsi Bengkulu terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera dan berada di pantai barat bagian Selatan Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan garis pantai Samudera Hindia di sisi barat provinsi tersebut.

Baca Juga: Harga Tiket Bus Murah Mudik Lebaran 2024 Rute Padang-Jakarta Jadwal Keberangkatan Tanggal 12-14 April 2024, Buruan! Nanti Ludes

Dengan luas wilayah yang hanya sebesar 19.919,33 km2, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi terkecil urutan pertama di daratan Pulau Sumatera dan provinsi terkecil urutan kesepuluh di Indonesia.

Namun, apabila di tambah dengan provinsi yang berbentuk kepulauan yang terpisah dari daratan Pulau Sumatera, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi terkecil urutan ketiga dari sepuluh provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera, setelah Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Simpanan emas murni satu juta ton di daerah pemekaran Provinsi Bengkulu, dikabarkan mampu mengalahkan tambang emas di Papua, dan bakal dilirik oleh PT Freeport.

Baca Juga: Brunei Bantah Terkait Proyek Kereta Cepat IKN - Brunei yang Memakan Biaya hingga Rp1.115 T, Begini Faktanya

Provinsi Bengkulu berencana menambah daerah pemekaran yang nantinya menjadi kabupaten/kota dan disebut-sebut memiliki simpanan emas murni satu juta ton.

Daerah pemekaran di Provinsi Bengkulu tersebut bukan hanya membentuk Daerah Otonom Baru (Baru).

Lebih dari itu bahkan, daerah pemekaran di Provinsi Bengkulu itu dikabarkan menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai lumbung emas terbesar.

Baca Juga: Gemerlapnya Infrastruktur! Sulawesi Barat Punya Bendungan Baru Sekaligus yang Pertama Senilai Rp1,02 triliun untuk 3.577 hektare

Bahkan, daerah pemekaran di Provinsi Bengkulu tersebut memiliki simpanan emas murni satu juta ton, yang mampu mengalahkan tambang emas di Papua.

Kendati demikian, kabar mengenai daerah pemekaran di Provinsi Bengkulu yang mempunyai emas murni satu juta ton belum ada pernyataan resmi dari pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat