bdadinfo.com

Emas Monas Lahir di Sini! Titik Lokasi Desa Harta Karun di Pedalaman Bengkulu, Simpan Saksi Bisu hingga Panorama Memanjakan Mata - News

Titik Lokasi Desa Harta Karun di Pedalaman Bengkulu (Wikipedia)

- Monumen Nasional, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monas, adalah salah satu ikon Jakarta yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Indonesia.

Namun, seberapa banyak dari kita yang tahu asal usul emas yang menghiasi puncak Monas?

Baca Juga: Normalisasi Sungai Wulan di Demak: Upaya Penanganan Banjir dan Proyek Strategis Konstruksi di Indonesia

Ternyata, emas yang menjadi bagian tak terpisahkan dari keindahan Monas berasal dari sebuah tempat yang mungkin belum banyak yang tahu.

Desa Lebong Tandai, di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Desa yang terletak di Kecamatan Napal Putih ini memiliki cerita dan pesona tersendiri yang menarik untuk dijelajahi.

Perjalanan menuju Desa Lebong Tandai bukanlah hal yang mudah. Hanya baru-baru ini akses jalan menuju desa ini dapat diakses berkat kerjasama Program Bupati Bengkulu Utara dengan TMMD Tahun 2020.

Baca Juga: Ahli Dari KPU Sebut Hasil Sirekap Tidak Bisa Dikunci Untuk Memenangkan Paslon Tertentu Dalam Sidang MK Sengketa Pilpres 2024

Dengan adanya program tersebut, diharapkan akses ke desa ini akan semakin lancar, memungkinkan interaksi lebih besar antara masyarakat lokal dan dunia luar.

Perjalanan dimulai dari Ketahun Bengkulu Utara menuju Desa SP3 dan PT API, di mana kita bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Jika berjalan kaki, diperlukan waktu sekitar 45 menit dari titik Rel Kereta Molek hingga sampai ke Desa Lebong Tandai.

Baca Juga: Asyik! Mulai Hari ini 2 Ruas Jalan Tol Rangkaian JTTS Berlakukan Tarif Diskon Mudik Lebaran 2024: Maksimalkan Tol Murah ke Kampung Halaman

Namun, alternatif lain adalah menggunakan molek untuk mempersingkat waktu.

Selama perjalanan, kita akan melewati 4 terowongan peninggalan zaman kolonial yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia.

Mengingat kegelapan di dalam terowongan, sangat disarankan untuk membawa senter sebagai penerangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat