bdadinfo.com

Kabupaten Solok Selatan Diambang Kehancuran! Ladang Harta Karun Tinggal Puing-Puing Dibantai Penebangan Liar di Kawasan Hutan dan Penambangan Emas - News

Saat ini Solok Selatan dihadapkan dengan permasalahan lingkungan yang kompleks. Praktik penebangan liar di kawasan hutan dan penambangan emas ilegal di sepanjang aliran Batang Hari dan Batang Sangir secara besar-besaran masih terus terjadi.

- Kabupaten Solok Selatan adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat, Indonesia dekat dengan Gunung Kerinci.

Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada tahun 2004 mencakup wilayah seluas 3.346,20 km².

Saat ini Solok Selatan dihadapkan dengan permasalahan lingkungan yang kompleks.

Praktik penebangan liar di kawasan hutan dan penambangan emas ilegal di sepanjang aliran Batang Hari dan Batang Sangir secara besar-besaran masih terus terjadi.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Paling Hits di Solok Selatan, Nomor. 3 Bisa Bikin Hot Seluruh Badan Paling Diburu Dua Sejoli Suasana Romansa

Wilayah Kabupaten Solok Selatan terletak pada ketinggian 350–430 meter di atas permukaan laut.

Luas wilayahnya mencapai 359.013 Ha, yang terdiri dari 150.532 Ha kawasan hutan lindung (41,93%) dan 208.481 Ha (58,07%) kawasan budidaya. Bentang alamnya bervariasi antara dataran rendah, perbukitan, dan dataran tinggi yang merupakan rangkaian dari pegunungan Bukit Barisan.

Secara topografis, solok Selatan di bagian timur kabupaten ini merupakan kawasan dataran tinggi yang relatif bergelombang mulai dari Lubuk Malako di Kecamatan Sangir Jujuan ke arah utara sampai ke wilayah Kecamatan Sangir Batanghari.

69,19% dari wilayah Solok Selatan memiliki kemiringan di atas 40 derajat yang tergolong sangat curam dan rawan terhadap bahaya longsor dan hanya sekitar 15,02 yang tergolong datar dan landai.

Baca Juga: Catat dan Ingat, Inilah Daftar Tarif Tol Untuk Arus Balik Lebaran 2024 Beserta Jadwal dan Lokasi, Ada Diskon 20 Persen yang Melintasi Jalan Tol.

Di bagian barat Solok Selatan merupakan kawasan lembah di kaki pegunungan yang menempati wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan dan Gunung Kerinci. Bagian utara dan tengah sendiri didominasi oleh perbukitan

Solok Selatan merupakan sebuah wilayah kabupaten yang terletak di bagian Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Secara administratif, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di sebelah selatan dan dikelilingi oleh tiga kabupaten lain di Sumatera Barat dari barat ke timur: Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Dharmasraya.

Baca Juga: Pasca Gempa di Palu, Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan Jembatan Terpanjang di Kabupaten Parigi Moutong, Kapan Dimulai?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat