bdadinfo.com

Asyik! Dulu Bisa 8 Jam, Sebentar Lagi Bandung-Yogyakarta Bakal Jadi 3 Jam Lewat Jalan Tol Super ini: Mulai Tahun 2024? - News

Ilusrtasi Jalan Tol getaci yang akan mempersingkat waktu perjalanan dari Bandung menuju Yogyakarta atau sebaliknya menajdi 3 jam saja dari sebelumnya mencapai 8 jam. (Instagram: pupr_bpjt)

- Rencana pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia tampaknya terus akan berlanjut ke depannya.

Salah satunya adalah Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap atau yang dikenal juga dengan Jalan Tol Getaci.

Jalan Tol Getaci ini sendiri merupakan jalan tol penghubung 2 (dua) provinsi, yaitu Jawa Barat dan Jawa tengah.

Baca Juga: Laris Manis Jadi Favorit Masyarakat, 2 Ruas Jalan Tol di Sumatera Utara ini Perpanjang Masa Pengoperasian Gratisnya: sampai Kapan?

Jalan Tol Getaci ini juga nantinya akan menjadi ruas jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia.

Jalan Tol Getaci ini termasuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) yang direncanakan akan membentang sepanjang 171,40 km di Jawa Barat. dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 km. 

Jalan Tol Getaci ini direncanakan akan dibangun dalam 4 (empat) seksi pembangunan, diantaranya: seksi 1 (satu) Junction Gedebage - Garut Utara sepanjang 45,20 km.

Baca Juga: Mulai Hari ini, Salah Satu Jalan Tol Teramai Se-JTTS yang Ada di Riau ini Terapkan Diskon Super: Ratusan Kilometer Rasa Seribuan!

Seksi 2 (dua) Garut Utara - Tasikmalaya sepanjang 50,32 km, seksi 3 (tiga) Tasikmalaya - Patimuan sepanjang 76,78 km dan seksi 4 (empat) Patimuan - Cilacap sepanjang 34,35 km.

Pembangunan Jalan Tol Getaci tahap pertama ditargetkan rampung pada tahun 2024 seksi Gedebage - Tasikmalaya.

Sedangkan tahap kedua, Tasikmalaya - Cilacap konstruksinya ditargetkan rampung pada tahun 2027 dan Jalan Tol Getaci beroperasi secara keseluruhan pada tahun 2029.

Baca Juga: Mulai Hari ini, Jalan Tol Sepanjang 64 Km di Sumatera Selatan ini Kasih Diskon Nggak Kira-Kira: Bayar Tol Tidak sampai Rp100 Ribu!

Sementara itu, pembangunan Jalan Tol Getaci diperkirakan akan menghabiskan biaya investasi sekitar Rp56,20 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Pemerintah sendiri terus berupaya merampungkan rencana lanjutan proyek Jalan Tol Getaci tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat