bdadinfo.com

Peta Harta Karun di Jambi Ada 11 Titik Lokasi Tersebar di 5 kelurahan dan 150 Desa, Apakah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya? - News

potensi serta kekayaan alamnya menjadi semakin penting dalam konteks perkembangan wilayah ini, batas wilayah administrasi Kabupaten Muaro Jambi dapat

- Provinsi Jambi banyak menyimpan harta karun yang berlimpah terdeteksi ada 11 titik lokasi tersebar di 5 kelurahan dan 150 Desa saat ini.

Sebelum membahas lebih jauh. Sebaiknya anda membaca profil provinsi Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur, di bagian tengah pulau Sumatra, ibu kotanya berada di kota Jambi.

Provinsi Jambi luas wilayahnya 50.160,05 km2 ini, pada akhir tahun 2023 memiliki jumlah penduduk 3.760.275 jiwa.

Baca Juga: Sumardji: Manajer Timnas Indonesia yang Ternyata Memiliki Jumlah Pengikut yang Banyak di Medsos, Tetapi Sedikit Postingan

Provinsi Jambi adalah nama provinsi di Indonesia yang ibu kotanya memiliki nama sama dengan provinsi selain Bengkulu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Gorontalo.

Jambi merupakan wilayah yang terkenal dalam literatur kuno. Nama negeri ini, sering disebut dalam prasasti dan juga berita-berita Tiongkok.

Ini merupakan bukti bahwa, orang Cina telah lama memiliki hubungan dengan Jambi, yang mereka sebut dengan nama Kien-pi atau Chan-pei.

Diperkirakan, telah berdiri empat kerajaan Melayu Kuno di Jambi, yaitu kerajaan Koying (abad ke-3 M), Tupo (abad ke-3 M), Kantoli (abad ke-5) dan Zabag.

Daerah pedalaman Jambi juga ditemukan Prasasti Karang Berahi, prasasti ini berbahasa Melayu Kuno ditulis dalam aksara Pallawa, dengan pertanggalan abad ke 7 Masehi.

Jambi juga terkenal mempunyai kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, dengan luas 3981 hektare, yang dikenal dengan nama Candi Muaro Jambi.

Baca Juga: Sumatera Selatan Super Canggih! Siap Bangun Konstruksi Terowongan Bawah Air Terbesar di Asia Senilai Rp5 T, Bakal Tembus Laut Atlantis

Kemungkinan besar merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu, yang diperkirakan berasal dari (abad ke-7–12 M).

Candi Muara Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatra.[

Cadangan minyak bumi Provinsi Jambi sebesar 1.270,96 juta m3. Cadangan minyak bumi antara lain terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, struktur Kenali Asam, Kecamatan Jambi Luar Kota dan Kabupaten Muaro Jambi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat